Ajarkan Anak Bantu Ibu di Rumah

August 29, 2012 Tips Handal  No comments

Saat yang tepat memperkenalkan pekerjaan rumah pada anak adalah saat 4 tahun. Pada usianya yang sekecil ini dia perlu diperkenalkan oleh rutinitas harian, tapi tidak juga terlalu muda baginya karena pada usia 4 tahun anak sudah dapat diajak berkomunikasi dengan baik.
Memperkenalkan pekerjaan rumah pada si kecil haruslah fun dan yang pasti ajakan ini dapat menyenangkan hati anak.Berikut 3 cara memperkenalkan pekerjaan rumah pada si kecil tanpa membebani pikirannya:

1. Fokus pada proses, bukan pada hasil.

Menurut Coyle dari Colorado State University Cooperative Extension di Arapahoe, Amerika Serikat, orangtua sebaiknya mendukung upaya-upaya dini anak prasekolah untuk melibatkan diri dalam tugas rumah tangga. Caranya adalah dengan memfokuskan pada proses dan bukan pada hasil akhir. Ajakan yang lembut dapat menarik perhatian anak. Sekalipun anak tidak mengikuti Anda bukan berarti anak tidak memperhatikan yang sedang Anda kerjakan.

2. Peragakan cara yang benar.

Pada usianya yang sangat muda, anak sedang berusaha mengetahui mana yang benar maupun yang salah. Peragakan cara yang benar pada setiap tahapnya.Coyle menyarankan orangtua untuk memberi tahu mana yang benar ataupun salah dengan komentar “Ibu suka caramu merapikan piring bekas makanmu”. Walaupun piring yang diantar ke dapur oleh anak diletakan di tempat yang kurang tepat sekalipun. Tidak perlu memahrahi atau menegur, Anda hanya perlu mencontohkan dengan membawa piring bekas Anda dan letakan di tempat yang benar.

3. Buatlah komentar positif.

ibu berupaya dengan melontarkan komentar positif semisal, Ibu benar-benar senang merapikan tempat tidur setelah ibu bangun dipagi hari. Komentar positif merupakan ekspresi perasaan Anda yang memancing anak untuk melakukan hal yang serupa.
Terus lakukan hal positif dalam memperkenalkan pekerjaan rumah kepada si kecil, dengan demikian pikiran positif tersebut akan tertanam pada pikiran anak Anda. Jadilah orangtua yang berbangga karena memiliki anak cerdas dan mandiri.

Dibaca 396 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>