6 Tips Sukses Memberi ASI

February 8, 2013 Tips Handal  No comments

Memberi ASI kepada buah hati ternyata terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan memberi ASI pada Si Kecil, karena jika cara pemberian ASI tidak tepat dapat menyebabkan kurang lancarnya pemberian ASI, kira-kira seperti apa tipsnya? Yuk ibu simak tips berikut:
  1. Saat memberi ASI ibu harus dalam posisi yang nyaman dan relaks, karena dapat mempengaruhi kelancaran ASI. Ibu dapat mengganjal punggung dengan bantal kecil supaya posisi menyandar jadi nyaman serta kaki tidak menggantung. Ibu dapat meletakkan brang-barang yang dibutuhkan dalam jangkauan ibu.
  2. Perut ibu menempel dengan perut bayi, dada ibu menempel juga dengan dada bayi, wajah bayi menghadap payudara ibu, hidung bayi menghadap puting ibu dengan posisi kepala bayi kira-kira sepertiga atas lengan bawah di sisi payudara yang sama.
  3. Telinga, bahu, dan punggung bayi berbaring pada satu garis.
  4. Bayi harus berada dalam posisi yang aman, artinya seluruh tubuh bayi tersangga dengan baik, bayi cukup disangga dengan satu lengan. Setelah sudah agak besar, ibu dapat menggunakan dua lengan atau bila perlu dapat dibantu dengan bantal besar.
  5. Ibu jari di bagian atas payudara, jaraknya sekitar  satu jari diatas aerola atas dan empat jari lainnyamenyangga payudara bagian bawah. Perhatikan agar posisi payudara terangkat dengan puting mengarah ke atas.
  6. Ibu dapat menyentuhkan puting ke bibir bayi hingga mulut terbuka lebar. Masukkan payudara sebanyak mungkin, tujuannya agar semakin banyak saluran ASI yang masuk ke dalam mulut bayi dan ujung puting berada di langit-langit mulut Si Kecil. Rasakan sampai bayi menghisap payudara dan mulai menyusui.
Semoga bermanfaat,
Ibu ingin berbagi cerita menarik seputar kehamilan? Disini tempatnya

Dibaca 401 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>