5 Hal Persiapan Menjelang Persalinan yang Sangat Penting

November 11, 2013 Tips Handal  No comments

Persiapan Persalinan

Persalinan baik itu yang pertama ataupun yang kesekian kali, tetap memerlukan persiapan yang matang. Persalinan yang dipersiapkan dengan matang akan membuat Anda lebih siap menyambut kedatangan si buah hati ke dunia.

5 Hal yang Penting Dipersiapkan Sebelum Proses Persalinan

Inilah beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum menghadapi proses persalinan:

Stok Makanan

Persiapkanlah stock makanan yang bisa langsung dimakan, mudah dimasak atau dipanaskan sehingga nantinya Anda dan suami tidak akan merasa kelaparan setelah menghadapi proses melahirkan yang akan menyita waktu dan tenaga. Apalagi jika Anda sudah memiliki anak yang perlu Anda perhatikan asupan makanannya. Anda bisa menyetok makanan kaleng, sereal, sayuran beku, sup, casserole dan sebagainya.

Amankan Rumah Bagi Bayi

Meskipun buah hati Anda masih bayi dan masih belum bisa melakukan apapun sendiri, tapi Anda tetap perlu memperhatikan keamanan rumah seperti: beli dan pasang Car Seat untuk bayi, mengatur pemanas air maksimal 50° celcius atau lebih rendah, menjauhkan kabel dan perabot berkabel dari jangkauan, memasang padding di semua sudut tajam, memasang slot pada setiap cabinet, memasang pagar  keselamatan  pada tangga, menutup semua outlet listrik dengan colokan dan lainnya.

Persiapkan Sang Kakak

Jika Anda sudah memiliki anak sebelumnya maka Anda perlu melibatkan anak Anda untuk menyambut kehadiran bayi baru sehingga ia tidak akan cemburu dengan adiknya. Anak Anda bisa terlibat mulai dari memilih perlengkapan bayi, menerima pengertian tentang hubungannya dengan adiknya dan buat ia mengerti mengenai perasaan Anda terhadapnya yang sama juga terhadap adiknya.

Batasi Kontak Hewan Peliharaan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan maka sebaiknya batasi diri Anda dengannya. Anda sebaiknya memasang pembatas atau gerbang di kamar bayi agar hewan peliharaan tak dapat masuk sembarangan.

Memilih Dokter Anak

Tanyakan kepada orang tua, kerabat, rekan, atau juga dokter kandungan Anda mengenai rekomendasi dokter anak yang baik. Anda sebaiknya memiliki sedikitnya dua nomor dokter anak ataupun alamat emailnya serta jam prakteknya, untuk jaga – jaga mengenai kondisi kesehatan bayi Anda. Konsultasilah dengan dokter tersebut mengenai gejala – gejala penyakit yang wajar dan tidak yang bisa dimiliki anak, serta cara penanganan cepat sebelum Anda membawanya ke dokter.

Masih banyak lagi hal-hal yang perlu Ibu dan Ayah persiapkan sebelum proses persalinan datang seperti memahami perkembangan bayi, mempersiapkan perlengkapan untuk persalinan, mengetahui kapan day care, dan lain sebagainya.

Dibaca 519 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>