4 Tips Untuk Membatasi Konsumsi Gula Pada Si Kecil

December 17, 2012 Tips Handal  No comments

Belakangan ditemukan bahwa sebanyak 25% anak yang berada di usia antara 2 hingga 5 tahun memiliki masalah berat badan atau obesitas. Penyebab dari masalah tersebut adalah karena konsumsi gula berlebihan dari makanan serta minuman yang mereka konsumsi. Sebuah survei menyebutkan anak yang berada di prasekolah rata-rata mengkonsumsi 10-12 sendok teh gula per harinya.
Untuk di bawah ini adalah 4 tips untuk membatasi konsumsi gula si kecil:
1. Hindari belanja makanan dan minuman junkfood
Hal ini penting dilakukab karena anak yang berada di usia emas tersebut cenderung penasaran dan ingin tahu apa saja yang dibeli oleh orangtuanya. Orangtua juga diharapkan untuk tidak mengisi kulkas dengan makanan manis.
2. Tempatkan cemilan sehat di tempat yang mudah terlihat oleh anak
Asupan makanan dari ngemil sangat bagus untuk menambah gizi anak. Tugas orangtua adalah memilih makanan cemilan yang sehat dan bagus untuk perkembangan anak dan tempatkannya di tempat yang strategis sehingga anak mudah mendapatkannya.
3. Buatkan minuman sehat
Di usia emas, anak juga cenderung lebih memilih minuman kemasan yang memiliki rasa beragam dan kandungan gula yang tinggi. Ini yang membuat minuman manis merupakan salah satu penyumbang utama kelebihan berat badan pada anak.
4. Menentukan waktu khusus pemberian makanan manis
Membatasi konsumsi makanan manis bukan berarti menghentikan asupan gula pada anak. Karena gula yang dikonsumsi dalam jumlah wajar akan memberikan manfaat baik bagi tumbuh-kembang anak. Oleh karena itu, agar tidak berlebihan orangtua bisa menggunakan cara menetapkan waktu pemberian makanan manis.

Dibaca 337 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>