Wajib atau Tidak USG bagi Ibu Hamil?

July 3, 2014 Tentang Kehamilan  No comments

Wajib atau Tidak USG bagi Ibu Hamil

USG atau Ultrasonography umumnya dilakukan ibu hamil untuk mengetahui perkembangan janin dalam rahim. USG merupakan alat yang bekerja menggunakan gelombang suara untuk mengetahui gambaran bayi didalam rahim bunda. Prosedur USG dinilai paling aman dan bebas efek samping dibanding X-Ray dan CT-Scan.

Manfaat USG bagi ibu hamil

Pemeriksaan USG umumnya dilakukan pada usia kandungan trimester pertama untuk mengecek status kehamilan dan lain-lain. USG sangat aman bagi ibu dan janin karena dalam prosesnya tidak menyakitkan serta bebas dari efek samping. USG dilakukan untuk mengontrol perkembangan janin dan upaya mencegah resiko kehamilan seperti posisi janin, janin kembar atau tunggal. Untuk itulah mengapa banyak dokter yang menyarankan ibu hamil melakukan USG. Meskipun hal ini tidak wajib namun demi mencegah resiko kehamilan atau kelainan pada janin maka USG dirasa perlu dilakukan oleh ibu hamil.

Berapa kali sebaiknya melakukan USG?

Berhubung USG tidak memiliki efek samping, dokter tidak memberi batasan berapa kali seorang ibu memeriksakan kandungannya dengan USG. Ibu hamil yang memiliki kemampuan lebih dapat memeriksakan kandungannya melalui USG pada trimester pertama, kedua, dan ketiga.

Baca juga:  Cara Menebak Jenis Kelamin Bayi Tanpa USG

Dibaca 1117 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>