Tips Mencegah Strechmark

December 13, 2012 Tentang Kehamilan  No comments

Sekitar 90% ibu hamil menderita gangguan kulit jenis ini yang dapat mengganggu penampilan tubuh ibu, Strechmark atau selulit terlihat seperti garis-garis pada perut yang terjadi karena kombinasi antara peningkatan hormon glukokortikoid pada sirkulasi darah dan peregangan kulit perut yang membesar. Hormon glukokortikoid ini yang menyebabkan berkurangnya pembentukan jaringan elastin dan kolagen kulit sehingga jaringan penunjang kulit putus.
Strechmark atau selulit pada kehamilan umumnya muncul pada usia 4 atau 5 bulan kehamilan sampai menjelang persalinan dan menyusui. Berikut tips yang saya dapet dari googling sana-sini dan diskusi dengan teman:

  1. Jagalah kelembapan kulit ibu pada bagian tubuh yang mengering, terutama pada bagian perut dan payudara. Bila perlu oleskan krim anti Strech Mark secara teratur.
  2. Gunakan pakaian yang mudah menyerap keringat, bahan pakaian yang mudah menyerap keringat adalah katun dan kaos.
  3. Meningkatkan elastisitas kulit dengan banyak makan buah, sayur, dan minum air putih. Pilih makanan yang mengandung vitamin A, E, D dan zat besi.
  4. Olahraga teratur agar sirkulasi darah dalam tubuh berjalan dengan lancar. Ibu cukup melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau berenang seminggu 2 kali.
  5. Bila dirasa perlu, lakukan latihan olahraga khusus seperti yoga, pilates, dan senam hamil agar otot-otot tubuh dan kulit tidak terlalu meregang sekaligus membuat Anda merasa rileks dan tidak stress.

Semoga bermanfaat ya ibu,

Ibu juga bisa konsultasi kehamilan dan berbagi cerita menarik kehamilan

Dibaca 369 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>