Tips Agar Kehamilan Diatas 35 Tahun Tetap Aman dan Sehat

May 26, 2014 Tentang Kehamilan  No comments

Seorang wanita yang sudah berusia 35 tahun keatas dan ingin memiliki momongan bisakah menjalani masa kehamilan dengan aman dan sehat? Itulah pertanyaan seorang sahabat kepada saya beberapa waktu lalu. Teman saya itu baru saja menikah dan sangat mengkhawatirkan hal tersebut. Saya kira banyak bunda di luar sana yang juga merasakan hal yang sama. Langsung saja saya menggali informasi tentang hal ini.

Ada pernyataan seorang Ahli Biologi di University of Melbourne bernama Dr Mark Green yang menyatakan bahwa wanita yang hamil di usia lebih tua memiliki resiko kehamilan sedikit lebih tinggi. Masalah kehamilan tersebut seperti diabetes gestational dan tekanan darah tinggi. Hal yang sama juga dibenarkan oleh Mary Carolan, seorang profesor di Victoria University.

Meskipun wanita yang menjalani masa kehamilan diatas 35 tahun beresiko, hal ini bisa diminimalisir  dengan memastikan kondisi bunda dalam kondisi sehat sebelum memutuskan untuk hamil. Termasuk masalah kesehatan seperti diabetes dan tekanan darah tinggi, serta berat badan yang normal.

Wanita yang memiliki kelebihan berat badan memiliki resiko yang tinggi mengalami diabetes gestational ketimbang yang langsing dan aktif secara fisik. Jika bunda menderita diabetes dan hiperensi sangat disarankan untuk mengontrol kondisi kesehatannya secara rutin. Melalu cara ini kondisi bunda selama masa kehamilan akan terpantau dan bisa dilakukan penanganan dini  jika terjadi hal yang tak diinginkan.

Semoga artikel ini bisa memberi bunda informasi terutama bagi bunda yang masih bingung dan ingin hamil diatas usia 35 tahun. Semoga bermanfaat.

Dibaca 566 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>