Tanda Awal Kehamilan yang Perlu diketahui

November 22, 2013 Tentang Kehamilan  No comments

Tanda awal kehamilan merupakan sebuah tanda yang ditunggu-tunggu bagi pasangan yang sedang melakukan proses mendapatkan momongan. Bagi mereka pasangan pengantin yang baru melangsungkan pernikahan juga harus memiliki pengetahuan tentang hal itu. Pasalnya wanita yang tidak menyadari mereka sedang hamil sampai mereka merasakan kejanggalan pada dirinya. Karena ketidak tahuan mereka, keguguran menjadi akhir dari sebuah kehamilan.

Seperti yang baru saja terjadi di kalangan artis Ashanti. Dia tidak mengetahui bahwa dirinya hamil sehingga memaksakan diri untuk tetap melakukan syuting film. Akibatnya kehamilan yang sangat ditunggu olehnya harus gugur di usia 2 bulan. Masih banyak lagi cerita wanita yang keguguran karena mereka tidak mengetahui bahwa dirinya hamil.

Tanda Awal Kehamilan yang Perlu diketahui

Mengetahui tanda awal kehamilan bukan hanya menyangkut masalah keguguran. Perkembangan fisik janin juga akan terganggu jika sang ibu tidak menyadari bahwa dirinya hamil. Ketika mereka tidak menyadari dirinya hamil, pasti semua aktivitas seperti biasa akan tetap dilakukan. Makanan yang masuk juga tidak diperhatikan dengan baik. Padahal di trimester pertama, janin membutuhkan banyak asupan gizi agar pertumbuhannya sempurna. Bisa dibayangkan bagaimana keadaan janin yang tidak terpenuhi gizinya di awal pertumbuhannya?

Oleh karena itu perlu ada pengetahuan mengenai tanda awal kehamilan. Apa saja tanda kehamilan itu?

Tanda Awal Kehamilan yang Perlu diketahui

Stamina Menurun

Wanita yang sedang hamil muda, tubuhnya akan terasa begitu lemah. Staminanya akan turun dengan drastis dan mood dengan mudah berubah. Penurunan stamina ini terjadi karena jantung memompa darah dengan sedikit lebih cepat. Rasa lelah itu juga sering kali membuat kepala pusing.

Haid Berhenti

Ketika pembuahan berhasil dilakukan oleh sel sperma, maka proses menstruasi akan berhenti. Tanda ini merupakan tanda paling mudah yang bisa diamati. Ketika tubuh terasa mudah lelah dan menstruasi terlambat, cobalah untuk memerika urine dengan test pack.

Mual di Pagi Hari

Morning sickness menjadi salah satu pertanda yang mudah dikenal juga. Rasa mual ketika bangun tidur akan dirasakan wanita di awal kehamilan. Sayangnya tidak semua wanita mengalami hal ini. Jadi tanda awal kehamilan lainnya harus diperhatikan dengan baik. Ketiga tanda di atas merupakan alarm awal bahwa ibu sedang mengandung. Periksakan ke dokter kandungan agar mendapatkan penanganan yang lebih baik.

Dibaca 386 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>