Tahap Proses Melahirkan

November 1, 2013 Tentang Kehamilan  No comments

ibuhandal-Tahap Proses Melahirkan

Menanti persalinan menjadi sesuatu yang paling ditunggu-tunggu oleh semua calon ibu. setelah 9 bulan mengandung proses melahirkan akan ditempuh semua calon ibu. Untuk itu anda harus mengetahui tahap-tahap melahirkan agar dapat mempersiapkan semua hal untuk menghadapi proses persalinan.

Tahap Pembukaan

Tahap proses melahirkan ini disebut juga In Partu yang ditandai dengan keluarnya lendir bercapur darah karena serviks mulai membuka. Darah tersebut berasal dari pecahnya pembuluh darah kapiler di sekitar karnalis servikalis akibat pergeseran yang terjadi saat serviks mendatar dan terbuka. Ada dua fase pada tahap ini yaitu Fase Laten (pembukaan serviks berlangsung lambat, sampai pembukaan 3 cm) dan Fase Aktif (yang terbagi atas 3 subfase yaitu akselerasi, steady dan deselerasi). Tahap pembukaan akan berlangsung selama 12-14 jam untuk kehamilan pertama dan 6-10 jam untuk kehamilan berikutnya. Setiap kontraksi rahim, bayi akan terdorong ke bawah untuk membuka jalan lahir.

Tahap Pengeluaran Bayi

Pada tahap proses melahirkan ini rasa mulas akan terjadi lebih lama sekitar 2-3 menit sekali. Kepala janin turun masuk panggul sehingga terjadi tekanan pada otot-otot dasar panggul yang menimbulkan rasa mengedan. Pada tahap proses melahirkan ini kepala janin mulai terlihat.

Tahap Pengeluaran Plasenta

Setelah bayi lahir plasenta akan keluar dengan sendirinya yang akan berlangsung antara 5 sampai 30 menit. Saat pengeluaran plasenta ini akan mengeluarkan darah 100 sampai 200 cc. Kontraksi rahim yang akan membuat plasenta terlepas. Setelah plasenta keluar baru tindakan episiotomi dilakukan.

Tahap Pengawasan

Tahap terakhir dari rangkaian proses melahirkan ini dilakukan agar bahaya pendarahan tidak terjadi. Pada tahap ini vagina masih mengeluarkan darah tapi hanya sedikit yang berasal dari pembuluh darah. Setelah beberapa hari keluarlah cairan lokia yang berasal dari sisa-sisa jaringan. Jika pendarahan hebat terjadi setelah proses kelahiran maka harus dilakukan tindakan medis secepatnya.

Dibaca 1267 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>