Susu Ibu Hamil – Apa Saja Kandungan yang Diperlukan?

November 15, 2013 Tentang Kehamilan  No comments

Susu Ibu Hamil

Susu ibu hamil merupakan sebuah penyempurna nutrisi sehat bagi para ibu hamil. Susu menjadi pelengkap nutrisi karena kaya akan kandungan yang berguna bagi kesehatan bayi dan juga ibunya. Di dalam kondisi hamil, para ibu harus memenuhi kebutuhan ekstra kalsium demi mendapatkan pertumbuhan tulang dan otak janin yang sempurna. Tentunya ini juga berdampak terhadap kesehatan ibu itu sendiri.

Susu ibu hamil memang menjadi zat-zat penting yang diperlukan dalam perkembangan janin, terutama jika asupan gizi melalui kegiatan makan sehari-hari kurang seimbang sehingga penyerapan menjadi tidak baik. Kandungan nutrisi di dalam susu ibu hamil dapat menutupi kurangnya nutrisi yang lain dalam bentuk protein, asam folat, AA dan juga DHA selama masa kehamilan berlangsung. Di fakta yang ada saat ini, para ibu hamil berpendapat bahwa semua nutrisi bisa dicukupi dengan susu, padahal nutrisi yang baik dan sehat haruslah seimbang antara kebutuhan gizi sehari-hari dari makanan yang dikonsumsi kemudian susu sebagai pelengkap nutrisi.

Kandungan Susu 

Jika Anda hendak mengonsumsi susu ibu hamil, maka yang pertama dilakukan adalah memperhatikan kandungan susu di  dalamnya. Di masa kehamilan trimester pertama, lebih baik meminum susu ibu hamil dengan kandungan vitamin B6 yang lebih banyak. Hal ini berguna untuk membantu mengatasi morning sickness. Selain itu perhatikan juga kandungan asam folat dan juga kandungan DHA di susu. Di masa kehamilan awalm janin membutuhkan nutrisi tersebut untuk pembentukan saraf dan otak.

Kemudian di trimester kedua dan juga ketiga, konsumsi susu ibu hamil dengan kandungan zat besi yang lebih banyak. Ini berguna untuk membantu menjaga Anda terhindar dari anemia dan terjadinya bayi lahir prematur. Perhatikan juga kandungan zat fruktooligosakarida (FOS) yang berfungsi untuk menghindarkan Anda dari konstipasi. Satu hal yang perlu diingat, bahwa minum susu berarti memasukkan kalsium ke dalam tubuh. di sinilah, fungsi susu diperlukan sebagai pembentukan tulang dan gigi janin serta mencegah Anda, sebagai ibu hamil, terkena osteoporosis karena secara tidak langsung kondisi kehamilan bayi mengambil kalsium dari persediaan kalsium di tubuh Anda.

Susu Ibu Hamil

Dalam mengonsumsi susu ibu hamil, sebaiknya diperhatikan asupannya. Jika terlalu berlebihan dalam mengonsumsi susu, akan membahayakan kesehatan Anda dan juga bayi di dalam rahim. Cukup dengan maksimal dua gelas sehari. Sekali lagi, susu ibu hamil hanyalah sebagai pelengkap, tentu asupan utama ada di dalam asupan makanan sehari-hari.

Dibaca 425 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>