Seberapa Penting Gizi Ibu Hamil Perlu Diperhatikan?

October 1, 2013 Tentang Kehamilan  No comments

gizi ibu hamil

Masa kehamilan merupakan masa yang paling mendebarkan bagi calon orang tua khususnya bagi sang ibu. Di saat itu meskipun tubuh sering terasa lemas, ibu harus memperhatikan asupan makanan karena itu sangat berpengaruh bagi perkembangan janin yang ada di dalam perutnya. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan ialah gizi ibu hamil.

Gizi ibu hamil yang diperhatikan sejak dini, akan membantu pertumbuhan fisik serta otak sang janin. Tentunya semua orang tua menginginkan anaknya lahir dengan normal baik itu fisik maupun otaknya. Jadi untuk membantu cita-cita itu, selain berdoa harus diperahikan juga gizi ibu hamil sudah tercukupi atau belum.

Gizi Ibu Hamil Membantu Pertumbuhan Janin

Supaya perkembangan janin berjalan dengan baik selama kehamilan, apalagi trimester pertama asupan gizi ibu hamil harus dipastikan kecukupanya. Ingat selain untuk tubuhnya sendiri, gizi ibu hamil juga dibagi dengan sang janin. Meskipun merasakan mual jika memakan sesuatu, harus dipaksakan agar janin tetap mendapatkan asupan makanan serta sang ibu tetap dalam keadaan sehat. Agar asupan gizi ibu hamil tercukupi, sang ibu harus mengkonsumsi beberapa makanan di bawah ini:

Sayuran Hijau

Sayuran seperti kangkung, bayam dan beberapa jenis sayuran berwarna hijau tua akan berguna dalam mencukupi gizi ibu hamil. Kandungan vitamin C, folat, zat besi serta serat yang ada dalam sayuran hijau tersebut akan menjamin kecukupan gizi ibu hamil. Selain itu adanya asam folat dalam sayuran hijau juga berguna untuk pertumbuhan fisik janin.

Buah-Buahan Segar

Buah-buahan segar memiliki banyak manfaat karena berbagai kandungannya. Vitamin C dan beberapa vitamin lainnya akan baik menjaga tubuh sang ibu. Serta asam folat yang ada juga baik untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan janin. Dengan asam folat cukup, janin akan terhindar dari keadaan tubuh tidak normal seperti bibir sumbing dan lain sebagainya.

Nasi Merah

Kandungan vitamin B, zat besi serta sertanya akan berguna dalam mengontrol kesehatan sistem saraf sang ibu. Selain itu nasi merah juga berguna untuk membuat ibu hamil kenyang lebih lama. Selain itu, mash ada beberapa bahan yang bisa mencukupi gizi ibu hamil agar tetap sehat di masa kehamilan dan bisa membantu tumbuh kembang janin di dalam rahimnya.

Dibaca 450 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>