Rambut Rontok Saat Hamil

November 20, 2012 Tentang Kehamilan  No comments

 
Rambut merupakan mahkota bagi seorang wanita, keindahan rambut yang terganggu saat hamil bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri pada Anda. Kerontokan rambut sering dialami wanita saat masa kehamilan bahkan hingga pasca persalinan, tidak hanya itu masalah rambut kering dan kusut juga kerap kali dialami wanita hamil. Hal ini membuat Anda yang mengalami hal tersebut bertanya-tanyaapakah hal ini lumrah terjadi pada setiap wanita yang sedang mengandung.
Rambut rontok saat hamil sebenarnya disebabkan oleh faktor hormonal dimana produksi hormon esterogen dan progesteron yang seharusnya dikeluarkan pada akhir siklus menstruasi harus terhenti, dan tubuh harus menggantinya dengan memproduksi hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin) yang menstimulasi kembali produksi hormon estrogen dan progresteron dengan tingkat produksi yang tinggi. Hal inilah yang menyebabkan beberapa perubahan kulit dan jaringan dalam tubuh termasuk rambut dan kulit kepala yang menjadi berminyak dan menyebabkan rambut berminyak dan lepek.
Kerontokan karena kurangnya nutrisi ini biasanya terjadi pada trimester kedua dan mencapai puncaknya pada 3-4 bulan pasca persalinan. Kebutuhan nutrisi yang ekstra memang harus terpenuhi dengan cukupnutrisi yang dibutuhkan saat hamil seperti protein, vitamin B (khususnya Biotin), vitamin C, dan mineral Seng (Zn).

 

Dibaca 534 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>