Mengetahui Berat Badan Ideal Ibu Hamil

December 6, 2013 Tentang Kehamilan  No comments

Berat badan saat hamil disarankan pada kondisi yang ideal dan tetap harus menjaga pola makan yang teratur dan seimbang dengan memenuhi gizi yagn baik untuk tubuh. Peningkatan berat badan pada ibu hamil di trimester awal relative sedikit. Kondisi ini dikarenakan pada usia trisemester ibu hamil sering mengalami muntah-muntah sehingga berat badan tidak naik dan juga tidak turun. Berat badan menunjukkan kenaikan yang lumayan pesat pada trimester 2 dan juga 3. Pada periode tersebut perlu dilakukan pemantauan yang ekstra terhadap perubahan kenaikan berat badan ideal ibu hamil.

Kenaikan berat badan ibu hamilĀ  yang ideal umumnya antara 12 sampai 15 kg. Sedangkan saat kehamilan memasuki usia trimester 2, maka janin akan tumbuh dengan pesat kurang lebih sebesar 10 gram per harinya. Bila diperhitungkan maka pada minggu ke 16 berat janin sebesar 90 gram, di minggu masuk ke 20 berat sekitar 256 gram, minggu ke 24 berat sekitar 680 gram, dan masuk ke minggu ke 27 berat 900 gram.

berat badan ideal ibu hamil

Berat badan ideal ibu hamil saat memulai kehamilan adalah sekitar 45 hingga 65 kg. Bila berat badan ibu hamil tidak sesuai dengan idealnya baik itu kelebihan maupun kekurangan maka akan beresiko baik untuk ibu sendiri maupu untuk bayi yang ada di dalam kandungan. Maka untuk menjaga berat badan ibu hamil yang ideal perlu asupan makanan bergizi yang benar.

Berat badan yang berlebihan memang membahayakan bagi kesehatan ibu dan anak dalam kandungan. Resiko bahaya tersebut tidak hanya pada saat kehamilan saja, tetapi juga saat persalinan nantinya. Resiko saat persalinan adalah ibu dapat mengalami hipertensi dan diabetes.

Mitos yang mengatakan bahwa ibu hamil membutuhkan makanan 2 kali lipat itu salah. Yang benar adalah 2 kali lipat gizi yang dibutuhkan. Dengan makan yang jumlahnya lebih banyak, dapat membuat kalori tertumpuk. Jadi berat badan ideal ibu hamil bisa didapatkan bukan karena makan terlalu banyak.

berat badan ideal ibu hamil

Untuk ibu yang mengalami kelebihan berat badan pada masa kehamilan, dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan untuk menurunkan berat badan. Seperti berenang atau berjalan kaki di pagi hari. Hindari untuk melakukan olahraga yang berat seperti jogging karena dapat membahayakan janin pada kandungan.

Untuk ibu yang mengalami kekurangan berat badan, dianjurkan untuk menaikkan badan sebesar 0.5 kg tiap harinya. Pada berat badan ideal ibu hamil sebaiknya tetap menjaga pola makan yang teratur dengan gizi yang seimbang.

Dibaca 397 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>