Manfaat ASI Bagi Ibu dan Bayi

September 3, 2013 Tentang Kehamilan  No comments

ibuhandal-Manfaat ASI Bagi Ibu dan Bayi

Asupan nutrisi bayi yang paling alami saat baru lahir adalah ASI. Bayi sebaiknya mendapatkan asupan ini sampai berusia dua tahun. Banyak sekali manfaat ASI yang tidak hanya berdampak positif untuk Sang buah hati saja tetapi juga bagi ibu yang menyusui. Apa saja?

Manfaat ASI bagi bayi

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh dan kekebalan anak.
  2. Pemberian ASI dapat mengurangi risiko sang bayi untuk terpapar penyakit baik saat masih bayi ataupun saat dewasa nanti.
  3. Meningkatkan kecerdasan anak.
  4. Proses menyusui pada dasarnya akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi sang bayi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perkembangan emosionalnya.

Manfaat ASI bagi Bunda

  1. Akan terjadi proses rangsangan yang disebut oksitosin saat bayi menyusui, hal ini akan membantu dalam proses kontraksi rahim dan mengembalikannya ke kondisi semula dan juga mengurangi perdarahan setelah melahirkan.
  2. Bila Ibu menyusui bayi dengan tepat, maka akan  mempercepat proses menurunkan berat badan Bunda lho.
  3. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa menyusui dapat membantu Bunda untuk mengurangi resiko terkena penyakit kanker rahim dan kanker payudara.
  4. ASI membuat Bunda juga tidak perlu repot-repot mengeluarkan uang untuk membeli susu formula dan juga peralatan menyusui lainnya.

Artikel seputar kehamilan lebih lengkap lagi ada disini

Dibaca 402 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  , ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>