Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

October 23, 2013 Tentang Kehamilan  No comments

Gizi Ibu Hamil

Gizi ibu hamil merupakan salah satu hal penting dan harus dipenuhi agar bisa menjaga kesehatan ibu dan janin. Dalam masa kehamilan tubuh ibu dan janin di dalamnya sangat rentan terhadap beberapa ancaman kesehatan maupun keguguran. Dengan memperhatikan gizi ibu hamil maka resiko itu akan jauh dari ibu dan janinnya. Maka dari itu sang suami khususnya harus memperhatikan gizi yang dikonsumsi oleh sang istri.

gizi ibu hamil
gambar: atjehpost.com

Memenuhi Kebutuhan Gizi Ibu Hamil

Gizi ibu hamil sebenarnya hampir sama dengan pemenuhan gizi bagi tubuh manusia pada umumnya. Akan tetapi ada janin yang ada di dalam kandungan, kebutuhan gizi ibu hamil harus lebih diperhatikan lagi karena gizi tersebut tidak hanya dikonsumsi oleh sang ibu tetapi juga janin di dalam kandungan. Ya, konsumsi gizi ibu hamil dibagi dengan janin yang akan membantu pertumbuhan organ tubuhnya. Konsumsi gizi ibu hamil juga terus meningkat seiring bertambahnya usia janin. Jadi untuk mendukung kondisi sang ibu yang berpengaruh juga dengan sang janin, gizi ibu hamil harus dicukupi dengan baik. Apa saja gizi ibu hamil yang harus dicukupi?

gizi ibu hamil
gambar: youlis77lafine.wordpress.com

Ada beberapa gizi ibu hamil yang harus dicukupi guna membantu pertumbuhan janin dan kesehatan ibu. Yang pertama ada kalori. Dalam masa kehamilan, seorang ibu memerlukan kalori yang berbeda dari biasanya. Kalori bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan yang berbeda seperti dari nasi, umbi-umbian, daging hewan, buah dan sayuran. Asam folat juga sangat dibutuhkan sebagai gizi ibu hamil. Asam folat lebih khusus dibutuhkan olah janin, asam folat membantu pertumbuhan kesempurnaan organ tubuhnya. Asam folat bisa didapatkan dari buah-buahan, sayur mayur dan beras merah. Ibu hamil juga membutuhkan protein. Protein dibutuhkan ibu hamil untuk memberikan tenaga menjalani hari yang lumayan berat. Protein bisa didapatkan dari tahu, tempe, daging, putih telur dan kacang-kacangan. Kalsium juga tidak boleh dilupakan sebagai gizi ibu hamil yang harus dicukupi. Kalsium berfungsi untuk membantu tulang dan gigi janin. Kalsium juga berguna untuk tubuh sang ibu karena jika anak kekurangan kalsium, maka dia akan mengambil dari kalsium yang ada di dalam tubuh sang ibu. Kalsium bisa didapatkan dari susu ibu hamil yang banyak tersedia di pasaran. Pada intinya gizi ibu hamil dapat tercukupi jika sang ibu mau mengkonsumsi sayur-sayuran, buah-buahan serta susu kehamilan yang baik bagi tubuh.

Dibaca 359 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>