Kapan Saatnya Bunda Cuti Hamil?

August 27, 2013 Tentang Kehamilan  No comments

ibuhandal-Kapan Saatnya Bunda Cuti Hamil

Bagi Ibu hamil yang bekerja saat hamil tetap memerlukan persiapan kelahiran baik mental maupun fisik. Setiap kantor memberikan cuti hamil bagi setiap karyawatinya sesuai dengan kebijakan masing-masing kantor tersebut. Kira-kira kapan sih waktu yang tepat untuk cuti hamil? Nah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tahu kapan saatnya Bunda cuti (dilansir dari Boldsky).

Lingkungan kerja

Jika lingkungan kerja Bunda harus berhadapan dengan bahan kimia berbahaya, radiasi atau susah tidak dianjurkan selama kehamilan. Lebih baik untuk mengambil cuti pada trimester pertama karena itu adalah waktu dimana janin lebih rentan terhadap kelainan genetik.

Pertimbangan kesehatan

Kondisi kesehatan menentukan kapan harus meninggalkan pekerjaan di saat masa kehamilan. Jika Bunda sepenuhnya sehat, Bunda bisa bekerja sampai trimester selama lingkungan pekerjaan aman untuk Bunda dan calon buah hati.

Kesehatan bayi

Kesehatan bayi harus diberikan perhatian yang besar dan lebih dipentingkan di antara faktor-faktor yang memutuskan kapan untuk meninggalkan pekerjaan selama kehamilan. Jika dokter mengindikasikan ada masalah kesehatan pada janin Bunda. Ikuti saran dokter setelah berkonsultasi.

Komplikasi kehamilan

Jika kondisi kehamilan Bunda berisiko, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda tentang kapan harus meninggalkan pekerjaan selama kehamilan. Berikan prioritas bagi kehamilan Anda dan tinggalkan pekerjaan Anda jika Anda memiliki kondisi apapun yang merekomednasikan Anda istirahat total.

Waktu kelahiran

Jika Anda bingung mengenai kapan harus meninggalkan pekerjaan selama masa kehamilan. Lebih baik untuk mempertimbangkan kesehatan Bunda dan waktu kelahiran bayi. Ada baiknya meninggalkan pekerjaan saat tanggal perkiraan kelahiran bayi. Ini akan memungkinkan Anda untuk menghabiskan waktu lebih banyak untuk merawat bayi Anda.

Tanggung jawab pekerjaan

Jika Bunda melakukan pekerjaan yang sangat memerlukan tanggung jawab, persiapkan rekan kerja yang dapat menggantikan Bunda selama masa cuti. Lakukan diskusi dengan rekan Bunda yang akan membantu dalam menentukan kapan harus meninggalkan pekerjaan sementara hamil. psikologis saat kehamilan sangat mempengaruhi kesehatan kehamilan.

Durasi cuti

Mempertimbangkan durasi masa cuti yang kantor tawarkan akan membantu Bunda untuk memutuskan kapan waktunya untuk meninggalkan pekerjaan selama masa hamil. Jika Bunda memiliki durasi yang pendek, lebih baik ambil cuti berdekatan dengan waktu melahirkan.

Dibaca 504 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>