Kacang Hijau yang Kaya Manfaat bagi Ibu Hamil

September 19, 2012 Tentang Kehamilan  No comments

Kacang Hijau merupakan salah satu bahan makanan yang dapat ditemui dengan mudah di Indonesia. Kacang hijau juga merupakan 3 besar tanaman pangan yang populer di Indonesia setelah kedelai dan kacang tanah. Kacang hijau juga dapat dibuat menjadi berbagai olahan makanan seperti onde-onde dan bubur kacang hijau. Selain itu kacang hijau memiliki banyak nutrisi bagi kesehatan, khususnya untuk ibu hamil.
Nutrisi yang terdapat dalam kacang hijau cukup beragam seperti:
Asam Folat
Asam Folat bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf bayi, dan mencegah kecacatan otak dan sumsum tulang belakang. Selain terdapat pada kacang hijau Asam Folat juga terkandung dalam kacang kedelai, brokoli, jeruk, alpukat, dan bayam.
Protein
Kacang hijau sangat kaya akan protein mempunyai manfaat untuk tumbuh kembang organ janin selama dalam kandungan. Penelitian terkini juga menyebutkan bahwa konsumsi protein yang cukup saat hamil akan menambah volume rambut bayi.
Vitamin B1 dan B2
Vitamin B1 dan B2 pada masa hamil dapat membantu penyerapan protein, tumbuh kembang janin, dan juga melancarkan pencernaan. Kekurangan vitamin B1 dan B2 pada kehamilan dapat menyebabkan konstipasi dan juga mudah mengalami kelelahan.
Lemak Baik
Lemak bermanfaat sebagai cadangan makanan dalam tubuh dan menjaga kestabilan suhu tubuh dan janin. Lemak pada kacang hijau memiliki kadar yang rendah sehingga aman untuk jantung. kacang hijau juga dapat dikonsumsi bagi penderita preeklampsia karena lemak dalam kacang hijau aman untuk tekanan darah. 
Kalsium dan Fosfor
Kalsium baik dikonsumsi untuk pertumbuhan tulang pada janin dan meningkatkan kepadatan tulang ibu. Fosfor berfungsi sebagai pemberi energi dan membantu metabolisme tubuh.jika kalsium tidak terpenuhi dengan baik, janin akan mengambil sumber kalsium dari tubuh ibu yang dapat menyebabkan osteoporosis pada ibu.
Serat
Serat membantu proses kelancaraan pencernaan dan memelihara kesehatan organ saluran pencernaan. Jika proses pencernaan terhambat dapat mengakibatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh yang tidak maksimal.
Pemenuhan nutrisi saat masa hamil dengan cara tradisional jauh lebih murah dan juga alami, semoga artikel ini bermanfaat bagi ibu.

Dibaca 377 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>