Jangan Sepelekan Keputihan Pada Ibu Hamil!

December 8, 2013 Tentang Kehamilan  No comments

Keputihan sering kali dialami oleh wanita dan merupakan hal yang normal meski beberapa wanita mengalami keputihan yang tidak normal. Ibu hamil pun masih tetap mengalami keputihan pada saat mengandung. Keputihan saat hamil tersebut harus segera dihindari agar mencegah kemungkinan terjadinya bayi prematur.

Keputihan yang perlu diwaspadai pada ibu hamil adalah keputihan yang disebabkan oleh Kandidosis Ulvovaginal, Vaginosis Bakterialis, dan Trikomoniasis. Ketiga keputihan tersebut memiliki ciri-ciri tersendiri. Keputihan yang disebabkan oleh Kandidosis Ulvovaginal ditandai dengan keluarnya cairan kental dari vagina dengan bau yang tajam disertai rasa gatal. Hal ini diakibatkan karena keputihan sudah mengiritasi vulva. Jika ibu yang tengah mengandung mengalami keputihan ini dapat menimbulkan rasa nyeri di bagian kemih.

Keputihan kedua yang wajib diwaspadai oleh ibu hamil adalah keputihan Vaginosis Bakterialis. Keputihan ini memiliki ciri-ciri berbau sangat tajam dan kental. Apabila kondisi sudah parah dapat mengakibatkan rasa gatal pada bagian kewanitaan. Keputihan yang ketiga adalah Trikonomiasis.

ibu hamil, keputihan saat hamil

Keputihan ini dapat menimbulkan rasa panas, gatal, dan nyeri di daerah vulva dan juga paha. Dapat menyebabkan vagina dan leher rahim bengkak apabila keputihan ini sudah mencapai tahap serius. Keputihan Kandidosis Ulvovaginal dan Vaginosis Bakterialis dapat menyebabkan kelahiran bayi prematur, sedangkan untuk keputihan jenis Trikonomiasi dapat menyebabkan kelahiran bayi dengan berat badan yang rendah.

Keputihan yang terjadi pada ibu hamil dapat dihindari dengan cara yang cukup sederhana. Anda dapat menggunakan pakaian yang berbahan katun yang tidak mudah lembab seperti bahan sintesis lainnya. Hindari penggunaan panty liner setiap hari. Saat mandi ataupun buang ari besar dan kecil hindari penggunaan tissu basah atau yang beraroma untuk mengelapnya.

Daerah kewanitaan tersebut jagalah agar tetap kering dengan mengelapnya menggunakan handuk yang bersih dan halus. Makanan manis dan makanan yang mengandung kafein harus dikurangi. Apabila terdapat gejala atau tanda-tanda keputihan kompres daerah kewanitaan menggunakan es. Hindari penggunaan sabun yang mengandung parfum. Untuk menjaga ibu yang sedang mengandung, lakukanlah pemeriksaan ke dokter ketika mengalami keputihan.

Dibaca 390 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>