Hamil Kembar Nutrisi Harus Terpenuhi

February 2, 2013 Tentang Kehamilan  No comments

Bayi kembar sering memiliki berat badan yang rendah saat lahir karena haus berbagi nutrisi dengan saudaranya saat di dalam kandungan. Untuk mencegah hal tersebut wanita yang hamil kembar harus tercukupi kebutuhan asupan nutrisinya yang tentunya berbeda degan kehamilan tidak kembar.
Kehamilan kembar juga menyebabkan adanya pembagian ruang yang tidak proporsional di dalam perut. Karena hal inilah menyebabkan sangat sedikitnya ruang untu ekspansi perut yang dapat menimbulkan kelesuan usus karena ruang gerak janin yang terlalu sempit akan membuat ibu hamil rentan sembelit dan kurangnya nafsu makan.
Ibu hamil dapat memperhatikan 4 hal berikut:
Memenuhi kebutuhan kalori
Saat hamil kembar janin harus mendapat asupan kalori yang cukup agar bdapat tumbuh dengan ukuran yang optimal. Ibu hamil dapat menkonsumsi kalori tambahan sejak trimester kedua dan terus berlanjut sampai trimester ketiga.
Menambah kebutuhan protein
Ibu hamil membutuhkan 60 gram protein perhari, tetapi jika sedang hamil kembar maka kebutuhan proteinnya dapat ditambah hingga 100 sampai 175 gram protein sehari saat tiga bulan terakhir kehamilan kembar. Cara gampangnya asupan protein tersebut dapat dipenuhi melalui 7 atau 8 ons makanan kay protein seperti daging unggas, ikan, ditambah 4sampai 6 porsi susu atau keju setiap hari. PRENAGEN dapat menjadi susu kehamilan pilihan yang kaya kalsium.
Memperbanyak kebutuhan kalsium
Minum susu hamil yang dapat memenuhi kebutuhan kalsium saat hamil karena dapat membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi yang kuat. Ibu hamil kembar dapat memenuhi kalsium sebanyak 2.500 miligram kalsium perhari. Jika tiba di trimester ketiga masa kehamilan. Ibu juga dapat berkonsultasidengan dokter untuk mendapat rekomendasi kalsium yang diperlukan.
 
Meningkatkan asupan zat besi
Ibuhamil dapat meningkatkan asupan zat besi agar tidak mengalami anemia karena kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Bahan makanan yang dapat meningkatkan sel darah merah yaitu daging sapi, daging unggas, ikan, biji-bijian, dan kaang-kacangan atau buah yang mengandung vitamin C.

 

Dibaca 1292 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>