Gerakan Senam Hamil yang Mudah dan Memiliki Banyak Manfaat

December 5, 2012 Tentang Kehamilan  2 comments

Setiap wanita yang sedang hamil pasti menginginkan janin yang dikandungnya tumbuh sehat dan ketika dapat menjalani proses persalinan secara lancar. Semua keinginan tersebut bisa diwujudkan jika selama masa hamil wanita yang mengandung menjaga tubuhnya agar selalu sehat dan bugar. Cara yang bisa dilakukan salah satunya dengan melakukan senam ibu hamil.
Gerakan senam ibu hamil yang bisa ibu lakukan seperti:

Duduk sila dengan menegakkan punggung
Letakkan tangan di atas kaki seperti orang yang sedang bersemedi. Duduk dalam posisi ini untuk beberapa saat dengan mengatur pernapasan. Gerakan ini bisa dilakukan di atas matras, karpet, tikar, atau alas untuk duduk yang lembut lainnya.

Duduk di atas alas lembut (matras, karpet, dll)
Dengan merenggangkan kedua kaki lurus ke depan. Lalu condongkan tubuh ke belakang dan bertumpu pada siku lengan yang diletakan di lantai. Lakukan gerakkan telapak kaki dengan menegakkan lalu mengarahkannya ke bawah hingga posisinya lurus dengan lutut. Gerakkan lainnya yaitu menggerakkan telapak kaki ke samping, lalu tegakkan lurus, ke samping lagi, ulangi gerakan ini sampai merasa cukup.

Berada dalam posisi tidurĀ 
Dengan satu bantal meyangga kepala, lalu angkat kedua lutut kaki menjadi seperti posisi melahirkan. Tarik nafas sedalam-dalamnya lewat mulut, tahan, dan mengejan atau ngeden (seperti saat sedang buang air besar). Jika merasa nafas sudah mau habis, keluarkan lalu tarik nafas kembali, dan ulangi proses ini.

Manfaat-manfaat dari gerakan diatas:
– Melemaskan otot-oto tubuh dan melancarkan peredaran darah
– Tubuh merasa lebih rileks, segar dan bugar
– Mempermudah persalinan dan menjaga kesehatan janin

Banyak tips-tips berguna untuk ibu hamil bisa didapatkan disini Atau dapat saling berbagi mengenai pengalaman pribadi ketika dalam masa kehamilan.

Dibaca 681 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

2 comments to Gerakan Senam Hamil yang Mudah dan Memiliki Banyak Manfaat

  • cintaaerobik says:

    Salam kenal sis … . . . .
    klo untuk mendapatkan hasil yg maksimal dari ibu hamil itu sebaiknya dilakukan berapa hari sekali ya …. … .. .
    dan klo untuk baju senam ibu hamil yg bagus itu model apa ya . . . .
    Terima kasih Sis”

    • Ibu Handal says:

      Halo cintaaerobik,

      Kalau kehamilan sudah 28 minggu sudah boleh kok….sebaiknya di lakukan seminggu 2-3 kali sudah cukup kok.

      Untuk model sih tidak ada yg khusus, hanya perlu diperhatikan:
      Sesuaikan dengan kondisi kehamilan Anda, dan juga kesehatan Anda. Gunakan baju olahraga yang nyaman, bra yang cukup baik untuk olahraga dan seperti decker yang dapat melindungi kaki.

      Semoga menjawab pertanyaannya ya :)

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>