Caesar atau Normal?

February 25, 2013 Tentang Kehamilan  No comments

caesar atau normal

Memutuskan untuk memilih persalinan caesar atau normal merupakan keputusan yang harus ibu pilih sebelum proses persalinan terjadi, tentunya dengan konsultasi ke dokter kandungan anda terlebih dulu dalam mencari keputusan terbaik. Baik caesar ataupun normal memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing bila ditinjau dari kondisi kesehatan ibu dan kandungan menjelang proses persalinan.Faktor penentu  proses persalinan adalah 3P yaitu  Power, kekuatan mengejan atau kontraksi pada dinding perut rahim. Lalu Passage atau keadaan organ jalan lahir, kemudian Passanger, yakni kondisi bayi yang dilahirkan.

Proses caesar dilakukan apabila proses normal tidak bisa ditempuh karena kondisi ibu dan janin yang kurang mendukung, serta memiliki resiko yang lebih besar apabila persalinan normal tetap harus dilakukan. Caesar adalah pilihan terakhir apabila semua usaha melahirkan secara normal tidak memungkinkan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk proses persalinan caesar dilihat dari segi biaya persalinan cenderung lebih mahal, minimal dua kali lipat persalinan normal. Selain itu masa pemulihan proses caesar juga berlangsung lama sekitar 6 minggu bahkan lebih, kemudian kehamilan berikutnya disarankan berjarak 2 tahun dan jumlah anak pun menjadi terbatas karena luka parut pada rahim ibu yang akan membatasi jumlah operasi.

Dibaca 608 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>