Batasan Jalan Kaki saat Usia Kehamilan

January 21, 2014 Tentang Kehamilan  No comments

Sesuaikan jalan kaki dengan usia kehamilan

Satu-satunya olahraga yang paling aman saat ibu hamil ialah berjalan kaki agar tubuh tetap prima walaupun sedang hamil. Jalan kaki merupakan olahraga yang paling aman untuk ibu hamil namun tetap harus diingat ya bunda jalan kaki saat masa kehamilan sebaiknya disesuaikan dengan usia kehamilan bunda. Hal ini dilakukan agar aktivitas jalan kaki bunda tetap aman.

Sesuaikan jalan kaki dengan usia kehamilan

Trimester pertama

Pada trimester pertama jalan kaki bisa dilakukan lebih santai dan tidak terlalu cepat seperti saat sedang tidak hamil. Bunda bisa memakai sepatu yang nyaman dan selalu membawa air minum supaya tidak mengalami dehidrasi.

Trimester kedua

Pada trimester kedua tubuh bunda akan terasa lebih berat dan kaku. Nah, pada usia kehamilan ini bunda perlu menyesuaikan gerakan kaki dengan besarnya perut. Lakukan jalan kaki dengan posisi dagu harus tegak, gerakkan pinggul secara perlahan, saat mengayunkan kaki bunda harus memperhatikan keseimbangan tubuh dengan cermat.

Trimester ketiga

Pada trimester ketiga kehamilan, bunda sebaiknya menghindari jalan yang memiliki medan berat atau tidak rata. Medan berat akan mengganggu keseimbangan ibu hamil dan dikhawatirkan akan terjatuh. Pada trimester ketiga bunda tetap bisa berjalan kaki asalkan harus ekstra hati-hati saat memilih jalan.

Beban tubuh saat ibu hamil yang ditopang oleh kaki cukup berat, maka saat bunda mengalami keletihan saat berjalan sebaiknya istirahat sejenak untuk kemudian melanjutkan berjalan kembali. Jangan memaksakan diri saat terasa lelah pada tubuh atau kaki.

Semoga postingan saya kali ini bisa menjawab pertanyaan bunda, silakan beri komentar atau sekedar berbagi cerita bunda seputar kehamilan hanya di ibuhandal. Semoga bermanfaat ya bun.

Baca juga:

Batasan ibu hamil memakai sepatu hak tinggi

Teknik pijitan suami saat kaki bunda lelah

 

Dibaca 738 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>