Apa Bahaya Cacar Air Bagi Ibu Hamil?

January 18, 2013 Tentang Kehamilan  No comments

Cacar air atau Varisela atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Chicken Pox ini ternyata tidak bisa disepelekan jika terjangkit pada ibu hamil. Karena penyebab cacar air dikarenakan oleh virus Varisela Zoster yang dapat menyebar sehingga dapat memicu timbulnya berbagai komplikasi penyakit bagi ibu hamil diantaranya radang paru-paru, radang otak, radang liver, radang otot jantung, radang dan radang ginjal.
Tentu beberapa penyakit ini juga dapat mengganggu kesehatan janin ibu terutama jika kandungan berusia dibawah 20 minggu. Penyakit bawaan bayi yang dapat diderita bayi apabila ibu terkena cacar air diantaranya yaitu bekas luka pada kulit bayi, kelainan pada otot dan tulang, kelainan pada tungkai kaki da tangan, dan ketidaknormalan penglihatan.
Jika ibu sudah terdapat tanda-tanda cacar air agar segera berkonsultasi dengan dokter. Umumnya dokter akan merekomendasikan suntikan antibody Varicella-Zoster Immune Globulin (VZIG) untuk menangani virus ini yang dapat mengurangi cacar air dalam 72 jam juga untuk mencegah menyebarnya virus yang menyebabkan komplikasi.
Karena penyakit ini mudah menular maka ibu harus berhati-hati apabila ada anggota keluarga atau teman yang sedang terjangkit cacar air, dan juga hati-hati dengan udara sekitar, karena cacar air juga disebabkan oleh udara yang menyebarkan virus tersebut.

Dibaca 346 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>