6 Asupan Ini Sebaiknya Dihindari Oleh Ibu Hamil

August 16, 2013 Tentang Kehamilan  No comments

Ketika sedang mengandung, semua asupan makanan yang dikonsumsi oleh Bunda akan mengalir kepada janinnya. Bila Bunda melakukan konsultasi kehamilan, pasti Bunda akan diberitahu apa saja asupan makanan yang dibutuhkan oleh Bunda dan Si Janin.

Namun, perlu Bunda ketahui bahwa ada beberapa jenis asupan yang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Karena beberapa asupan makanan ini, dapat membahayakan kesehatan janin dan juga Bunda. Berikut beberapa anjuran makanan yang perlu dihindari oleh Bunda selama kehamilan:

Kafein Dosis Tinggi

Ada sebuah studi yang menemukan bahwa wanita hamil yang mengkonsumsi 200 miligram atau lebih kafein setiap hari (setara dengan dua gelas kopi atau lebih, atau lima kaleng soda yang mengandung kafein) memiliki risiko akan keguguran dua kali lipat lebih tinggi dari mereka yang tidak meminumnya. Untuk itu mengonsumsi kafein sebaiknya dihindari selama masa kehamilan terutama di trimester pertama kehamilan. Baik yang terkandung dalam kopi, teh, atau makanan olahan lain yang mengandung kafein.

Daging DIngin

Semua jenis daging yang dikonsumsi dingin, sangat tidak disarankan untuk Bunda selama masa kehamilan. Karena pada daging dingin, kemungkinan masih tersimpan bakteri listeria. Bila ingin mengonsumsi daging, sebaiknya Bunda mengolahnya dengan tingkat kematangan yang tinggi.

 Jenis Keju Lembut

Jenis keju seperti Brie, Camembert, goat dan feta (keduanya dari susu kambing), queso blancoblue (bintik-bintik biru), atau jenis yang berserat sebaiknya dihindari oleh Bunda yang sedang masa kehamilan. Hal ini karena jenis keju tersebut mungkin tidak mengalami proses pasteurisasi dan terkontaminasi listeria (bakteri yang bisa memicu keracunan makanan). Bunda yang sedang masa kehamilan, memiliki daya tahan tubuh yang rendah sehingga mudah untuk keracunan atau terserang penyakit bila salah mengonsumsi makanan.

Telur

Meskipun dikenal memiliki kandungan protein tinggi dan kandungan nutrisi yang baik, namun telur juga berisiko terkontaminasi bakteri salmonella (bakteri berbahaya bagi wanita hamil). Bunda yang sedang masa kehamilan sebaiknya menghindari untuk mengonsumsi telur setengah matang atau saus salad yang mengandung telur mentah.

Ikan

Ikan adalah salah satu jenis makanan yang mengandung protein tinggi dan baik untuk kesehatan. Namun untuk Bunda yang sedang mengandung, sebaiknya menghindari mengonsumsi ikan yang yang mengandung merkuri. Merkuri adalah neurotoksin yang bisa menyebabkan kegagalan perkembangan otak fatal pada bayi. Namun jangan khawatir, tidak semua ikan mengandung merkuri. Walau tidak banyak, tetapi masih ada beberapa jenis ikan yang tidak tercemar merkuri, seperti salmon.

Alkohol

Tidak ada satupun yang membenarkan untuk ibu hamil mengonsumsi alkohol. Alasannya sudah sangat jelas, jika Bunda mengonsumsi alkohol, maka bayi Bunda juga akan mengonsumsinya. Hal ini karena alkohol akan langsung diterima oleh plasenta. Hasil penelitian mengatakan bahwa wanita yang sering mengonsumsi minuman beralkohol menempatkan bayinya pada risiko tinggi menderita alcohol spectrum disorder yang dapat mengakibatkan berbagai efek. Diantaranya yakni mulai dari kelainan fisik, kesulitan belajar ringan hingga berat, dan yang lebih parah adalah kelainan sistem saraf pusat. Hasil sebuah studi di Indiana University di Bloomington pada tahun 2007 menemukan bahwa anak-anak dari ibu yang mengonsumsi alkohol selama kehamilan akan memiliki masalah perilaku di masa kanak-kanak.

Dibaca 459 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>