Yuk, Perhatikan Vagina untuk Cegah Kanker Serviks

February 4, 2014 News  No comments

Yuk Perhatikan Vagina untuk Cegah Kanker Serviks

Selain kanker payudara, wanita sangat berisiko terdampak kanker rahim atau yang disebut kanker serviks. Kabarnya, setiap satu menit satu orang meninggal akibat kanker serviks. Di Indonesia sendiri setiap satu jam satu orang meninggal karena kanker serviks. Hal itu disampaikan Dr dr Laila Nuranna, SpOG(K) dari Perhimpunan Onkologi Ginekologi Indonesia. “Berdasar data kami diperkirakan satu dari 1.000 perempuan terkena kanker serviks. Jadi ini juga merupakan beban buat kita ya,” kata dr Laila.

Bagaimana cara mencegah kanker serviks?

Pencegahan kanker leher rahim (kanker serviks) di Indonesia bisa dilakukan dengan deteksi dini melalui pap smear dan inspeksi visual dengan asam asetat (IVA). Cara tersebut menurut dr Laila bersifat non invasif, mudah, dan murah karena pemeriksaannya bisa dilakukan di puskesmas atau bidan. Hasilnya pun langsung bisa diketahui karena sensitivitas dan spesifitasnya sudah cukup memadai.

Agar wanita lebih familiar dengan IVA dr Laila membuat sedikit plesetan yaitu ‘Ingat Vagina Anda’. caranya seperti apa? IVA itu nantinya leher rahim dioles dengan asam cuka yang kemudian hasilnya didokumentasikan. Dokumentasi tersebut berupa foto yang diberikan kepada Anda dimana foto tersebut diambil menggunakan alat yang tidak terlalu mahal yaitu berupa kamera dan printer.

Yuk Perhatikan Vagina untuk Cegah Kanker Serviks

Kanker serviks disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV) yang bisa dicegah melalui vaksin HPV. Hampir semua wanita bisa terkena virus ini dengan cara penularan seperti aktivitas seksual, melalui WC umum, atau penularan ibu pada anaknya.

Yuk bunda atau remaja putri, kita harus lebih sadar dengan pencegahan kanker serviks sedini mungkin agar terhindar dari kanker yang berbahaya ini. artikel ini saya kutip dari detikhealth, semoga bermanfaat ya bun.

Dibaca 663 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>