Tips Berlatih Parkour Aman bagi Anak

December 27, 2012 NewsTips Handal  No comments

Dalam Parkour penting untuk mengetahui gerakan dasar atau teknik dasar. Sama saja setiap melakukan olah raga apapun pastinya kita perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu, demikian juga di olah raga ekstrim ini juga begitu. Bunda perlu mempersiapkan Parkour yang aman untuk anak-anak dengan cara, ketahui gerakan dasarnya, perhatikan batas kemampuan dan ketahanan fisik anak, dan cari titik rintangan atau kendala yang tidak mudah dilalui oleh anak. Bila sudah mengetahui hal ini berikan solusi dengan cara-cara berikut:

  1. Seperti diketahui penjelasan secara umum Parkour merupakan seni berpindah tempat secara efisien dan efektif dengan mengandalkan kekuatan fisik orang tersebut. Dari sini perlu dipahami bahwa antara satu orang anak dengan anak yang lain akan memiliki perbedaan kemampuan dalam berlatih Parkour karena kekuatan dan ketahanan fisik setiap orang berbeda-beda. Jadi bila melihat anak lain memiliki ketangkasan yang lebih dibandingkan anak kita, jangan memaksakan anak kita untuk meniru anak lainnya.
  2. Saat berlatih, sebaiknya anak dipandu dengan senior Parkour yang sudah memahami betul trik dan tekhnik melakukan olahraga ekstrim ini dengan baik. Pengalaman dan tahu celah adalah alasan mengapa anak membutuhkan senior Parkour. Bunda bisa memasaukkan si kecil ke komunitas Parkour. Ini juga membantu sikecil untuk mudah bersosialisasi selain di lingkungan sekolah.
  3. Selain itu penting untuk memperkuat niat anak dan perbanyak latihan fisik. Biasanya semangat anak menurun ketika anak tidak bisa mengembangkan gerakan ke tingkat yang lebih tinggi. Salah satu cara memperkuat niat anak untuk bisa melakukan Parkour bisa dengan memperlihatkan video-video Parkour. Jangan biarkan video Parkour membuat anak takut, berikan semangat untuk memperkuat niat anak. Biasanya setelah melihat anak akan semakin tertarik untuk meniru dan dalam proses meniru ini anak memiliki kemauan dan target baik secara sadar ataupun tidak.
  4. Jaga kesehatan si kecil dengan mendisiplinkan si kecil. Termasuk menjaga kondisi tubuh. Menjaga kondisi tubuh yang mendasar adalah menjaga makan makanan yang dikonsumsi dan menjaga kebersihan setelah berlatih Parkour. Lakukan cuci tangan pakai sabun segera setelah selesai latihan. Terapkan 5 langkah cuci tangan pakai sabun, karena mungkin saja media yang disentuh selama berlatih bisa menyebabkan infeksi karena kuman dan bakteri.

Sumber

Dibaca 411 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>