Penyakit Herpes Kelanjutan dari Cacar Air, Benarkah?

November 21, 2012 News  No comments

Penyakit herpes merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang bisa saja menjakit pada tubuh kita melalu udara di sekitar kita. virus varicella zooster merupakan jenis virus yang menyebabkan sakit herpes.

Gejala yang dirasakan bila mengidap herpes pada tahap awal biasanya terjadi bila kita melakukan kontak fisik atau berada dalam satu ruang lingkup dengan virus varicella zooster sebagai penyebab utamanya. Penularan akan mudah terjadi terlebih pada saat sistem imun lemah dan tak mampu melawan infeksi penyakit herpes tersebut.

Tes Penyakit Herpes

Penyakit herpes cukup mirip dengan penyakit kulit lainnya, ada ruam pada permukaan kulit, sekilas terlihat memerah seperti meradang. Bagaimana membedakan sakit herpes dengan sakit kulit lainnya, bisa di tes seperti berikut:

  • Virus ini sesekali bisa saja muncul dimulut, ini merupakan kasus yang lanka dan dapat terjadi bila bayi atau anak terlahir dari ibu yang memiliki riwayat sakit herpes.
  • Herpes genital juga salah satu cara tes herpes yang cukup populer, tes ini dilakukan bersamaan dengan kultur jaringan. Dalam kasus yang juga lanka, herpes bisa juga menginfeksi jaringan otak.
  • Tes antibodi, cara ini juga bisa ditempuh. Tes darah untuk menemukan antibodi yang berasal dari kekebalan tubuh. Tes herpes ini dilakukan semata-mata agar antibodi bisa melawan infeksi penyakit herpes.

Herpes kemudian bisa teratasi dengan pengobatan rutin untuk beberapa waktu dan juga melakukan perawatan pada bagian yang terkena sakit herpes.Penting untuk menjaga kebersihan, bisa dimulai dengan cuci tangan pakai sabun. Menjaga kebersihan dengan cara yang sederhana ini bisa menstabilkan imun kita. Bila imun kita terjaga maka antibodi kita tidak perlu berjuang keras untuk melawan penyakit dari virus yang ada disekitar lingkungan kita.
Jadi sakit herpes bukanlah kelanjutan dari penyakit cacar air, karena mereka disebabkan oleh virus yang berbeda. Penyebab utama cacar air disebabkan oleh virus variola.

Sumber

Dibaca 351 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>