Pentingnya Memberi Perhatian Penuh Pada Anak di Usia Emasnya

December 7, 2012 News  No comments

Hal ini penting untuk dilakukan karena sebanyak 80 persen otak anak berkembang di usia emas ¬†atau secara umum disebut “golden age”. Masa-masa usia emas anak ini berlangsung ketika mereka berusia 0 hingga 5 tahun. Di masa usia emas ini, orangtua diharapkan berperan dalam mengawasi tumbuh-kembangnya otak anak.

Seorang psikolog bernama Desni Yuniarni mengatakan bahwa otak anak akan berkembang sangat pesat di masa emasnya jadi apapun informasi yang dapatkan akan diserap ke otak tanpa mengetahui baik atau buruknya. Yang bisa orangtua lakukan adalah mengarahkan anaknya agar menjadi lebih baik dengan memberikan rasa cinta beserta kasih sayang.

Di masa usia emas, tugas orangtua tidak hanya memantau tumbuh-kembang anak saja. Moms juga bertugas dalam menambah pengetahuannya, apalagi seputar pertumbuhan anak. Tapi, Moms sebaiknya tidak memaksakan pertumbuhan anak di luar kemampuannya walaupun tujuannya agar ia menjadi pintar, seperti menghafal perkalian padahal anak belum mengenal matematika sama sekali. Untuk menstimulasi di masa usia emas anak memang perlu menyesuaikan dengan keadaan anak.

Sikap dan perilaku orangtua juga perlu diperhatikan karena anak pada usia emas suka meniru orang-orang yang ada di sekitarnya. Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam mengawasi anak di usia emas adalah berhati-hati dalam memilih acara TV untuk anak. Karena sekarang sudah jarang ditemukan acara yang cocok untuk anak-anak. Lebih baiknya lagi ganti waktu menonton TV dengan kegiatan lain yang mampu membantu perkembangan otak anak. Permainan, menggambar, bernyanyi dan seni gerak sangat bagus dilakukan pada masa emas anak.

Bermain untuk anak di usia emas mampu menjadi proses untuk menggali potensi mereka yang belum terlihat. Kegiatan yang sederhana tersebut mampu merangsang kemampuan serta bakat terpendam yang dimiliki anak. Bermain juga sekaligus melatih kemampuan bersosialisasi dengan orang lain dan lingkungan sekitar.

Sumber: Sevenseas

Dibaca 339 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>