Pengaruh Kecukupan Nutrisi Terhadap Kekebalan Tubuh Anak

December 6, 2012 News  No comments

Moms, kekebalan tubuh manusia ada dua macam. Yang pertama adalah kekebalan tubuh alami, biasanya diperoleh dari ibu dan bila tubuh baru sembuh dari sakit. Jenis yang kedua adalah kekebalan tubuh yang diperoleh dari imunisasi atau tubuh manusia yang membuatnya sendiri setelah dirangsang oleh vaksin.
Sewaktu bayi dilahirkan, ia akan memperoleh zat kekebalan tubuh dari sang ibu. Zat yang dinamakan dengan zat anti (gama-globulin) milik sang ibu akan menembus ari-ari dan masuk ke aliran darah bayi yang baru dilahirkan. Zat ini berfungsi melindungi bayi dari berbagai jenis infeksi, seperti campak, difteria, tetanus, dan lainnya.
Namun karena zat tersebut termasuk yang didapat (sudah jadi), kekebalan tubuh jenis ini tidak akan bertahan lama, kira-kira hanya sampai anak Moms berumur lima bulan. Setelah 5 bulan, anak Moms harus diberikan kekebalan buatan yang bisa didapat dari imunisasi yang bertujuan agar tubuh anak Moms tetap kebal terhadap infeksi.
Selain imunisasi, kecukupan nutrisi juga turut berpengaruh pada kekebalan tubuh anak. Pastikan menu yang Moms berikan kepada anak memiliki kecukupan gizi, terutama protein. Bila anak Moms kurang gizi (kurang protein), ia akan lebih mudah terserang infeksi dibandingkan dengan anak dengan gizi yang cukup.
Oleh karena itulah selalu perhatikan kecukupan gizi anak Moms sejak ia lahir. Dari mulai memberi ASI sampai anak Moms mulai bisa mengkonsumsi makanan padat, pastikan ia mendapat gizi yang cukup dan dilengkapi dengan vitamin, mineral, serat dari sayur dan buah.
Yang perlu Moms ingat, nutrisi yang tepat adalah nutrisi yang seimbang. Perhatikan porsi masing-masing zat gizi dalam menu makanan anak Moms (karbohidrat, lemak, protein) dan sesuaikan dengan usia mereka karena setiap umur memiliki kebutuhan jumlah kalori yang berbeda.

Dibaca 416 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>