Menyalakan TV Tapi Tidak Ditonton Dapat Menggangu Mental Anak

December 19, 2012 News  No comments

Menonton TV terlalu lama dapat memberikan pengaruh buruk bagi anak, terutama dalam perkembangan mental anak. Namun ada hal lain yang sama bahaya mengenai anak menonton TV, yaitu ketika TV didiamkan menyala padahal tapi tidak ditonton dan hanya suarnya saja yang didengar oleh anak. Oleh karena itu, orangtua perlu membatasi dan bijak dalam memilih tontonan TV anak.
Istilah background-TV adalah yang dipakai dunia kedokteran untuk mendengarkan suara TV yang menyala tapi tidak ditonton. Membiarkan TV menyala tapi tidak ditonton dapat mengalihkan perhatian, karena suara dan cahaya terang yang dikeluarkannya. Akibat buruk dari backgound TV ini diungkapkan oleh penelitian yang dilakukan University of New Mexico.
Dalam sehari anak rata-rata mengalami background TV selama 4 jam. Ini terbilang lama karena dapat memicu gangguan pekembangan mental yang dapat membuat anak menjadi sulit belajar membaca. Kejadian background TV pada bisa terjadi ketika anak sedang bermain di ruangan yang terdapat TV, karena suara yang ditimbulkan oleh TV bisa menyebabkan anak sulit untuk fokus.

Dibaca 349 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>