Melahirkan Normal atau Operasi Caesar?

November 23, 2013 News  No comments

Sebagai seorang wanita, mengalami kehamilan merupakan takdir yang sudah ditentukan. Hal ini membuat para wanita merasa seperti seorang wanita sejati yang sempurna. Tidak hanya sebatas mengalami kehamilan  saja, para calon ibu ini pun akan dibingungkan dengan pilihan melahirkan normal atau secara operasi caesar. Sebelum hari ‘H’ tiba, ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dari keduanya agar Anda tidak salah dalam menentukan pilihan. Berikut kami berikan ulasan mengenai melahirkan normal dan caesar untuk para calon ibu.

Normal vs Operasi Caesar

Sebelumnya, sudahkah Anda memutuskan untuk menggunakan proses apa? Mungkin sebagian dari calon ibu sudah memiliki keputusan untuk melakukan proses melahirkan normal, namun ada juga sebaliknya, lebih memilih untuk melahirkan dengan cara operasi caesar.

Seperti yang sudah diketahui, melahirkan dengan cara alami atau normal merupakan proses melahirkan yang paling baik. Karena proses persalinan alami ini akan memberikan sinyal baik kepada tubuh Anda untuk melanjutkan peran-peran selanjutnya, penyembuhan dan pemberian ‘makan’ pada sang bayi yang baru saja lahir. Pada saat persalinan usai, kelenjar susu akan segera aktif memproduksi kolestrum dan air susu dan rahim akan mengalami kontraksi untuk kembali ke bentuk semula pada tubuh, hal ini membuat darah kotor dalam tubuh keluar serta hormon yang akan kembali pada kondisi semula.

Melahirkan Normal atau Operasi Caesar?

Persalinan alami, yaitu melalui vagina ini adalah paling ideal karena minimnya resiko. Kelebihan pada saat melahirkan normal adalah pendarahan yang terjadi tidaklah berlebihan, biaya yang dibutuhkan pun tak terlalu besar dan proses pemulihan yang dibutuhkan cepat. Tidak hanya itu, rahim pun akan melalui proses-proses alami untuk kembali pada bentuk semula. Walau pun kini telah hadir berbagai macam jenis obat peredam rasa nyeri namun tetap, rasa nyeri pada persalinan merupakan kekurangan yang terdapat dalam persalinan secara normal.

Beralih ke persalinan secara Caesar, persalinan ini merupakan pilihan terakhir dan teraman jika indikasi media membuat persalinan normal beresiko tinggi. Ibu yang dibius secara lokal dapat melahirkan secara sadar dan langsung dapat menyusui sang bayi dengan IMD (Iniasiasi Menyusui Dini). Namun, kekurangan yang terdapat dari persalinan Caesar adalah proses penyembuhan yang lama dan rasa nyeri yang akan timbul pasca operasi Caesar dilakukan. Tidak hanya pada sang ibu, efek obat bius pun terasa pada bayi. Bayi akan cepat ngantuk, sulit saat harus mulai bernapas dan masuk angin. Jadi, sudahkan Ibu memutuskan?

Dibaca 503 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>