Konsentrasi Belajar Anak Terganggu Bisa Disebabkan Oleh Tingginya Kadar Gula Yang Dikonsumsi

December 21, 2012 News  No comments

Tidak hanya bikin gemuk, terkena diabetes, tapi kini kebanyakan mengkonsumsi gula dapat mempengaruhi otak. Untuk anak-anak yang masih berada di bangku sekolah, konsumsi gula yang tidak dibatasi bisa membuat konsentrasinya terganggu. Walaupun dibandingkan dengan berat badan total, otak manusia hanya 10 persen. Tapi otak manusia membutuhkan konsumsi energi tertinggi yakni 40 persen.
Menurut dokter spesialis jiwa anak FKUI yakni Dr. dr Tjhin Wiguna Sp.KJ(K), otak manusia terus bekerja aktif sepanjang hari termasuk ketika tidur, buktinya ketika tidur manusia bermimpi. Oleh karena itu, jika anak kebanyakan memakan makanan karbo, yang akan menjadi gula. Membuat pankreas mengeluarkan insulin untuk menurunkan kadar gula darah.
Karena hal itu, akan membuat konsentrasi anak menurun, cepat lelah, stress dan ngantuk. Anak yang suka mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki tingkat kadar gula yang tinggi terlihat aktif bergerak ke sana-sini, suka ngobrol namun ketika sedang jam belajar konsentrasinya menurun.

Dibaca 357 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>