Jenis Acara TV yang Perlu Dihindari Demi Perkembangan Anak

December 11, 2012 NewsTips Handal  No comments

Ketika anak masih berada di usia emasnya, mereka cenderung suka meniru tingkah/perilaku orang yang dilihatnya, mulai dari kebiasaan orangtua, keluarga maupun karakter di TV. Untuk perilaku orangtua dan anggota keluarga masih bisa diberitahu untuk dijaga agar tidak diikuti oleh si kecil. Tapi untuk karakter di TV, orangtua perlu mempunyai suatu siasat agar tidak membuat perkembangan anak menjadi terganggu.
Cara yang pertama dalam bijak memilih tontonan TV untuk anak adalah menyalakan TV pada acara yang ingin dan cocok untuk ditonton si kecil. Orangtua bisa membuat jadwal pilihan acara yang bisa ditonton anak. Untuk lebih baiknya lagi, si kecil sudah terlebih dahulu menyelesaikan tugas sekolahnya dan ketika dia menonton acara TV, orangtua mendampinginya.
Cara selanjutnya adalah orangtua perlu membatasi waktu menonton TV si kecil. Menonton TV 2 jam perhari merupakan waktu paling maksimal untuk anak menonton TV. Menonton TV sebaiknya dihindari bagi anak di bawah 2 tahun, karena TV belum memberikan manfaatnya untuk anak di usia tersebut.
Ketika menonton TV sebaiknya si kecil tidak sambil makan, jika hal ini dilakukan maka ia cenderung akan makan berlebihan yang bisa menyebabkannya beresiko obesitas. TV sebaiknya jangan ditempatkan di ruang tidur anak, karena hal ini sering membuat anak sulit tidur. Dan terakhir, jika ada adegan yang berbahaya (kekerasan maupun sensual) jangan langsung mematikan TV. Orangtua bisa mengatasinya dengan memberikan komentar agar tidak mencontoh hal tersebut.

Dibaca 526 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>