Jangan Sampai Si Kecil Kena Diabetes

December 12, 2012 NewsTips Handal  No comments

Pasti banyak dari kita yang mengira bahwa diabetes hanya bisa diderita oleh orang dewasa, padahal kenyataannya anak-anak kita juga bisa terkena. Di Indonesia, penderita diabetes dari tahn 2009 sampai 2012 meningkat sampai lima kali lipat. Melihat data ini sudah sepantasnya kita waspada dan jangan sampai anak-anak kita yang masih dalam tahap pertumbuhan terkena diabetes. Diabetes ada 2 tipe, yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

Faktor keturunan adalah salah satu penyebab anak-anak terkena diabetes tipe 1. Diabetes tipe 1 ini memang tidak bisa dicegah dan tidak bisa kita prediksi siapa anggota keluarga kita yang akan terkena. Sebagai pengobatannya biasanya penderitanya diberi insulin seumur hidupnya.

Walaupun belum diketahui secara pasti, namun obesitas (kegemukan) dipercaya sebagai salah satu penyebab anak-anak terkena diabetes tipe 2. Untuk mencegahnya, biasakan keluarga kita, khususnya anak-anak, untuk selalu menjalani pola hidup sehat, dengan rutin berolahraga, dan menjaga asupan makanan dengan membiasakan makan makanan bergizi dan tidak berlebihan.

Sumber

Dibaca 391 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>