Ini Dia Mitos Bayi Prematur Yang Harus Diketahui!

December 16, 2015 News  No comments

Mitos Bayi Prematur

Seperti kita tahu, Mitos Bayi Prematur tentu saja masih banyak beredar di kalangan masyarakat kita, juga masih banyak yang mempercayainya ya. Tapi ya namanya juga mitos ya, berarti sebenarnya pernyataan tersebut tidaklah benar, dan bukan faktanya.

Lalu apa saja sih yang termasuk ke dalam Mitos Bayi Prematur itu? Yuk kita simak dibawah ini kutipan dari laman Merries.co.id :

Bayi prematur harus masuk inkubator

Mitos yang satu ini bisa dipastikan keliru. Dunia kedokteran modern mematikan jika bayi sangat membutuhkan kontak kulit langsung dengan ibunya (skin to skin), ketimbang dimasukkan ke dalam inkubator, bahkan untuk bayi lahir prematur dalam tubuh yang sangat mungil.

Penelitian membuktikan jika metode Kangaroo Mother Care, yakni melakukan kontak kulit langsung hampir sepanjang hari, sangat efektif untuk membuat bayi prematur lebih tenang. Tidak hanya itu saja, metode ini pun efektif untuk merangsang pertumbuhan ASI.

Tips Untuk Orang Tua Saat Ingin Sharing Foto Anak Di Media Sosial

Bayi prematur butuh asupan tambahan

Sebenarnya, sebagian besar bayi prematur tidak butuh dengan asupan tambahan. Kalau Moms sudah bisa memerah ASI, bahkan bayi dengan berat sekitar 1500 gram pun dapat tumbuh baik dengannya. Hanya saja, si kecil mungkin masih membutuhkan tambahan vitamin D dan fosfor.

Lain cerita jika bayi prematur ini terlahir dengan bobot kurang dari 1500 gram, bayi seperti ini jelas membutuhkan asupan tambahan, terutama untuk Moms yang produksi ASInya tidak sebanyak orang lain. tapi tetap, di sini ASI merupakan makanan pokok untuk si kecil.

Agar Cepat Hamil, Tidurlah dengan Lampu Padam

Bayi prematur tidak bisa menyusu langsung

Mitos ini sangat keliru. Bahkan Jack Newman, salah satu doktor di NICU ramah ASI Swedia, menyatakan jika bayi prematur sebenarnya sudah bisa meraih payudara ibunya sendiri, bahkan bagi mereka yang terlahir pada usia kandungan 28 minggu.

Lebih lanjut lagi, Jack menyatakan jika Metode Kangguru sayang efektif untuk mengenakan payudara ibu sebagai sumber utama makanan si kecil, sekaligus untuk merangsang produksi ASI. Bahkan penerapan metode kanguru untuk bayi prematur ini bisa dilakukan di mana saja sesuai keinginan anda.

Masih banyak lagi soal Mitos Bayi Prematur tapi yang terbukti salah adalah beberapa point diatas, jadi jika kita harus lebih kritis lagi agar kita dapat lebih jeli lagi membedakan antara mitos dengan fakta, apalagi seputar kesehatan kulit bayi, kebutuhan asupan bayi, dan lain-lain.

Dibaca 331 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>