Hypnobirthing, Proses Melahirkan Tanpa Rasa Sakit yang Populer di Jepang

January 17, 2014 News  No comments

Hypnobirthing Proses Melahirkan Tanpa Rasa Sakit yang Populer di Jepang

Saat ini selain waterbirth juga ada metode baru yang bisa membuat ibu melahirkan tanpa rasa sakit. Metode tersebut adalah Hypnobirthing. Sejumlah selebriti Hollywood sudah mulai memanfaatkan metode untuk proses persalinannya. Sebut saja Jessica Alba, Miranda Kerr, sampai Kate Middleton. Di Jepang, Hypnobirthing ini sedang populer dan biasa diterapkan oleh wanita yang baru memiliki anak pertama.

Seperti apa metode Hypnobirthing?

Menurut ibu melahirkan di Jepang, metode Hypnobirthing ini bisa mengurangi rasa sakit dan lebih rileks saat menjalani proses melahirkan. Teknik ini dilakukan dengan cara mengatur pikiran seseorang agar tidak tegang saat melahirkan. Sekilas seperti hipnotis tetapi lebih mengacu pada pengaturan napas, relaksasi, dan visualisasi selama melahirkan.

Menurut detikhot yang mewawancarai Agus Wirajaya S.E, S.Ag, C.Ht-QHI.,C.T, selaku hipnoterapis di Adi W. Gunawan Institute juga mengatakan bahwa terapi hipnobirthing ini selain dapat menghilangkan rasa sakit si ibu juga bertujuan untuk mempererat relasi antara Anda dan suami. Menurut Agus, sejak mengandung, wanita butuh dukungan suami yang berguna menambah rasa percaya diri dan meminimalisir ketakutannya saat melahirkan.

Namun bila berbagai masalah dalam rumah tangga mempengaruhi pikiran wanita dan merasa terbebani akan hal itu, teknik ini bisa saja gagal dilakukan. Begitu pula dengan wanita yang terlalu stres jelang persalinan sehingga tidak bisa rileks dan tenang.

“Ada pula penyebab gagalnya hypnobirthing. Pertama, karena terlalu analytical, terlalu banyak pikir, saya bisa apa enggak ya, terus nanti gimana kalau gagal. Kedua, present issue terutama kekesaran dalam rumah tangga (KDRT). Bisa saja saat melakukan terapi istri rileks dan siap melahirkan tapi setelah di rumah ia menemukan masalah lagi dengan pasangannya, maka proses persalinan pun akan terasa sulit,”

Dalam hal ini kesimpulannya adalah pasangan turut berperan untuk membantu istri agar merasa lebih rileks saat menjalani terapi ini sampai selesai. Terapi ini dilakukan dengan mencoba melatih diri untuk relaksasi dengan belajar merefleksikan pikiran dan tubuh secara bersamaan.

Di Jepang biaya ibu melahirkan dengan metode hipnobirthing ini sekitar Rp 4 jutaan, sedangkan di Indonesia sendiri paket hypnobirthing biayanya mencapai Rp 5 jutaan. Apakah bunda tertarik melahirkan dengan metode ini? semoga artikel ini bermanfaat ya bun.

Dibaca 531 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>