Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Anak Akan Sunat

June 26, 2013 News  No comments

ibuhandal-Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Anak Akan Sunat

Si Sulung kini sudah menginjak kelas 2 SD mendengar teman-temannya banyak yang akan sunat di musim liburan sekolah sekarang ini akhirnya Ia juga meminta untuk disunat juga. Rasanya tak ada salahnya untuk menyunat apalagi sunat merupakan bagian dari kewajiban laki-laki muslim agar terhindar dari penyakit-penyakit tertentu. Ya Saya pun berniat membawa Si Sulung untuk menyunatnya akhir pekan ini, tapi Saya harus mencari informasi yang tepat tentang apa saja yang harus dipersiapkan sebelum atau sesudah sunat.

 Apa sih yang dipersiapkan ketika anak akan sunat?

Menurut DR. Dr. Nur Rasyid, Spu(K), sebenarnya pantangan sebelum sunat dan sesudah sunat tidak ada tapi yang paling utama dipersiapkan itu adalah mental anak. Bagaimana dengan anjuran orang tua kita dulu, kalau sebelum sunat tidak boleh lari-lari agar tidak terjadi pendarahan? Menurut spesialis bedah saraf, Dr Mahdian Nur Nasution, SpBS, Hal ini memang benar karena zaman dulu proses sunat masih menggunakan metode lama jadi hal seperti itu memang harus diperhatikan, Menurut spesialis bedah saraf.

Tapi di jaman modern ini pasien sudah tak perlu khawatir lagi karena teknik clamp yang digunakan saat ini akan menutup pembuluh darah secara sempurna sesaat setelah prosedur khitan selesai dilakukan. Perkembangan teknologi kesehatan semakin maju dan mempermudah prsose khitan termasuk mengurangi cedera, pendarahan, dan nyeri yang zaman dulu dialami pasien sunat. Dengan informasi ini kita jadi tahu tentang prosedur sunat/khitan zaman sekarang lebih jelas dan tidak terjebak anjuran orang tua zaman dulu yang belum tentu relevan dengan masa sekarang.

Semoga bermanfaat

Sumber: detikhealth

Dibaca 2126 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>