Gadget untuk Si Kecil: Berikan atau Tidak?

October 17, 2012 News  No comments

Di zaman yang serba modern saat ini semua orang semakin akrab dengan teknologi, termasuk anak-anak. Gadget yang biasa digunakan oleh orang dewasa untuk bekerja saat ini juga digunakan oleh anak-anak. Sebenarnya bagaimana pengaruh gadget terhadap pertumbuhan anak-anak?
Gadget memiliki dampak positif untuk anak-anak, seperti menjadi sarana belajar si kecil yang baik, namun dengan catatan dimanfaatkan secara bijak dan optimal. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Auburn, Maine, AS, menemukan hasil anak-anak yang belajar membaca dengan memakai iPad ternyata mendapat kemajuan lebih baik dibandingkan dengan anak-anak yang belajar dengan cara biasa (konvensional).
Selain dampak positif, gadget juga memiliki dampak negatif. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan The Kaiser Family Foundation pada tahun 2006 menemukan rata-rata waktu yang digunakan remaja di AS untuk menggunakan gadget atauu komputer adalah 6,5 jam dalam sehari. Lebih dari seperempat responden mengaku melakukan beberapa aktivitas sekaligus (misalnya: mengerjakan tugas sekolah sekaligus membuka Twitter atau Facebook).
Hal ini mungkin bisa membiasakan anak-anak untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus (multi-tasking), tapi fakta dari beberapa penelitian menemukan, melakukan pekerjaan sekaligus malah dapat memperlambat penyelesaian tugas dan hasilnya tidak akan maksimal.
Memberikan gadget untuk anak-anak sepenuhnya berada di tangan orang tua. Pertimbangkan dengan bijak dan sesuai kebutuhan si kecil, dan jika ibu memutuskan memberikan gadget kepada si kecil, selalu awasi penggunaannya agar dampak negatifnya bisa dihilangkan atau paling tidak diminimalisir.

Sumber

Dibaca 1133 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page
Tags:  , ,

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>