Bayi Prematur Laki-Laki Lebih Berisiko

February 5, 2013 News  No comments

Saat ini, bayi yang lahir prematur memiliki peluang hidup jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu. Namun ternyata, menurut penelitian terakhir, bayi prematur laki-laki lebih berisiko terganggu kesehatannya dibandingkan bayi prematur perempuan meski teknologi medis sudah berkembang sangat pesat. Dalam era modern ini, bayi laki-laki prematur masih memiliki tingkat kematian yang lebih tinggi serta berisiko mengalami gangguan saraf jangka panjang.

Mengapa begitu? 

“Kromosom Y yang menentukan jenis kelamin laki-laki memengaruhi faktor-faktor kesehatan tertentu. Ada juga bukti lain yang menyebutkan bahwa hormon yang menentukan jenis kelamin, dapat memengaruhi cara otak merespons sesuatu, termasuk cedera dan penyakit. Kemungkinan lain, bisa jadi karena perbedaan respons sistem jantung dan peredaran darah pada anak laki-laki dan perempuan,” kata Kent. Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Pediatrics ini menemukan bahwa lebih dari 2.000 bayi laki-laki yang lahir sangat prematur (lahir pada minggu ke-28 kehamilan atau sebelumnya) memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih rendah dan cenderung memiliki gangguan saraf jangka panjang seperti buta, tuli, atau lumpuh otak. 
 
Sebanyak 1.394 bayi laki-laki dari 2.500-an bayi yang diteliti, 23 persen di antaranya meninggal sesaat setelah dilahirkan. Presentase ini lebih tinggi dibandingkan bayi perempuan yang memiliki presentase kematian hanya 19 persen. Bayi laki-laki yang lahir prematur juga cenderung menderita gangguan fungsi organ tubuh saat berusia tiga tahun, yaitu dengan presentase kejadian sebanyak 20 persen. Sedangkan pada bayi perempuan, hanya 12 persen yang mengalami hal serupa. 

Dibaca 494 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>