Bayi Lebih Banyak Cuap-Cuap Dengan Ibu Dibandingkan Dengan Ayah, Kenapa?

November 11, 2014 News  No comments

135775_ibu-dan-bayi-mengobrol_663_382

Kebahagiaan dalam berumah tangga yang paling besar adalah diberikan kepercayaan untuk memiliki buah hati atau bayi oleh Tuhan. Saat sang bayi lahir adalah masa dimana hal yang paling membahagiakan bagi kita telah tiba.

Setelah beberapa waktu pasti akan kita gendong-gendong bayi kita bahkan kitapun akan mengajak bayi kita berkomunikasi dengan berbicara keadanya. Kebanyakan Bayi Lebih Banyak Cuap-Cuap Dengan Ibu Dibandingkan Dengan Ayah.

Ada studi di Amerika yang menjelaskan kenapa Bayi Lebih Banyak Cuap-Cuap Dengan Ibu Dbandingkan Dengan Ayah karena sang ibu lebih banyak merespon cuap-cuap si bayi dibandingkan dengan si ayah. Otomatis karena hal ini bayi akan lebih banyak pula merespon suara atau cuap-cuap dari sang ibu.

Peneliti yang mengadakan studi ini menyampaikan “Kami tahu bahwa berbicara dan bermain dengan bayi dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan bahasanya. Terlepas dari fakta bahwa ayah dan ibu sama-sama berperan dalam membentuk kemampuan berkomunikasi anak, namun bayi lebih merespons ibunya”.

Peneliti tersebut menyimpulkan bahwa Bayi Lebih Banyak Cuap-Cuap Dengan Ibu setelah mengamati 33 orang bayi yang dipasangi perekam yang akan aktif merekam setelah mendengar suaranya 3 kali. Awalnya ada saat lahir, lalu saat usia 1 bulan dan terakhir saat 7 bulan.

Pemasangan dilakukan dari 10 hingga 16 jam, hasilnya peneliti dapat mendegarkan berapa banyak kata yg diucapkan orang tua kepada bayinya, bentuk vocal sang bayi maupun obrolan apa saja diantara sang bayi dan orang tuanya.

Sang peneliti, Dr Betty R Vohr mengatakan,”Ternyata meskipun bayi belum bisa bicara, mereka melakukan vokalisasi dan seperti memberikan tanggapan ketika diajak ngobrol,”. Data secara rincipun menyebutkan bahwa perempuan dewasa rata-rata mengeluarkan kata-kata sebanyak 1263 per jam nya sedangkan laki-laki dewasa cuma 462 kata per jam nya saat sedang bersama dengan bayi yag baru lahir.

Jadi penelitian ini juga menjawab kenapa anak perempuan jauh lebih cepat perkembangan kemampuan bicaranya dibandingkan dengan anak laki-laki.

20140124_115845_mengajak-bayi-berbicara

Dibaca 361 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>