Banyak Makan Manis dapat Mengganggu Meningkatkan Daya Ingat?

January 2, 2014 News  No comments

ibuhandal-Banyak Makan Manis dapat Mengganggu Meningkatkan Daya Ingat

Ada kabar buruk nih bagi bunda yang suka banget sama makanan manis. Soalnya ada sebuah studi di Jerman mengungkapkan jika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis bisa membuat seseorang menjadi pelupa atau terganggunya daya ingat. Ya, jika kadar gula dalam darah kita tinggi lebih rentan mengalami masalah daya ingat. Nah, karena alasan itulah kita sebaiknya menjaga kadar gula dalam darah agar upaya meningkatkan daya ingat tidak terganggu.

Sebuah studi ungkap makan manis dapat mengganggu meningkatkan daya ingat

Studi terbaru ini diperoleh setelah peneliti mengamati 141 orang dengan usia rata-rata 63 tahun yang tidak mengidap diabetes maupun pre-diabetes. Partisipan yang kelebihan berat badan, mengkonsumsi lebih dari 3,5 gelas alkohol perhari serta partisipan yang mengalami masalah daya ingat dikesampingkan dulu sebelum studi ini dimulai.

Lalu kemampuan daya ingat partisipan dites berikut kadar glukosa dalam darahnya. Tidak Cuma itu, scan otak juga dilakukan terhadap partisipan untuk mengetahui ukuran hipokampus-nya (bagian otak besar yang bertugas mengingat dan navigasi. Dari studi ini didapat hasil partisipan yang kadar gula dalam darahnya paling rendah memperoleh skor yang lebih bagus dalam tes daya ingat. Setiap partisipan diminta mengingat sebuah daftar berisi 15 kata yang dibacakan oleh peneliti.

Sedangkan partisipan yang memiliki kadar gula tinggi tidak mampu mengingat daftar kata tersebut 30 menit kemudian setelah mendengarkan. Yang mengejutkan didapat hasil partisipan dengan kadar gula darah tertinggi terjadi peningkatan penanda glukosa jangka panjang yang disebut HbA1c sebesar tujuh mmol/mol di setiap dua kata yang tidak dapat diingat oleh partisipan.

Kesimpulan studi tersebut menunjukkan bahwa pada orang-orang dengan kadar gula darah normal sebaiknya menurunkan kadar gula darah untuk mencegah gangguan meningkatkan daya ingat. Hal ini merupakan upaya pencegahan secara bertahap seiring pertambahan usia mereka. Gimana bunda, mau membiarkan gula darah yang terus naik atau berstrategi untuk menurunkannya? Agar cara menurunkan kadar gula yang ditempuh tepat, bunda bisa berkonsultasi dulu ke dokter.

Silakan berkomentar bun untuk berbagi informasi menarik seputar kesehatan.

Dibaca 464 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>