Anak Bertubuh Pendek Mudah Terserang Obesitas

December 17, 2012 News  No comments

Satu dari akibat dari anak yang memiliki masalah gizi adalah memliki tubuh yang pendek. Sedangkan anak yang tidak memiliki tinggi yang ideal beresiko terkena obesitas dan berbagai penyakit di masa mendatang. Anak bertubuh pendek bisa sedikit diatasi dengan memberikan nutrisi dan lingkungan yang baik, tapi jika anak belum melewati masa pertumbuhan cepatnya.
Pemberian nutrisi agar anak memiliki tinggi badan yang ideal dimulai dari semenjak ia lahir. Hal yang pertama dilakukan adalah dengan memberikan ASI eksklusif hingga usia 6 bulan. Lalu lanjutkan pemberian ASI sampai anak berusia 2 tahun. Setelah itu, tugas orangtua adalah memastikan pemberian kalori, protein, dan kalsium yang cukup.
Jenis-jenis makanan yang dianjurkan seperti makanan-makanan yang mengandung kedelai, oatmeal, lobak, ikan yang kaya akan kalsium dan lainnya. Tidak hanya memberikan makanan yang tinggi nutrisinya, anak juga perlu melakukan berbagai olahraga yang mampu merangsang pertumbuhan tulang. Jenis olahraga seperti basket, melompat, berlari, sepakbola dan lompat tali dipercaya dapat meningkatkan proses pembentukan tulang dan mempercepat penyerapan mineral di tulang.

Dibaca 378 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>