7 Bentuk Kecerdasan Anak yang Perlu Moms Ketahui

November 28, 2012 News  No comments

Setiap anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda, tugas Moms adalah mengetahui bidang mana yang ia sukai lalu melatihnya agar menjadi mahir. Jika ada kecerdasan yang ingin anak kuasai diberi pengetahuan tentang manfaat serta dasarnya dulu, dan jangan langsung memaksakan anak.
 
1. Kecerdasan dalam bidang musik
Keceredasan anak ini bisa terlihat jika anak mampu hafal lirik-lirik lagu serta nada dari lagu yang ia pernah dengarkan. Kecerdasan ini bisa Moms latih dengan memutarkan lagu yang mudah didengar atau easy listening yang sesuai dengan usia anak hal ini perlu dilakukan karena musik sangat bermanfaat bagi kecerdasan anak.

2. Keceradasan dalam bidang matematika dan logika
Anak yang memiliki keceradasan matematika dan logika akan mampu memahami dan menyelesaiakn suatu persoalan yang memutar otak serta menggunakan angka. Untuk melatih kecerdasan anak ini adalah dengan mengajari anak mengelompokkan mainan yang ia miliki berdasarkan warna atau gambar atau angkanya.

3. Kecerdasan dalam memahami diri sendiri atau intrapersonal
Kecerdasan intrapersonal dimiliki oleh anak yang memiliki daya tahan atau sifat berani. Jika mengikuti suatu lomba yang disaksikan oleh banyak orang ia tidak akan minder dan menunjukkan kebisaannya. Hal yang bisa Moms lakukan untuk melatih kecerdasan anak ini dengan membiasakan anak bermain dan berinteraksi dengan teman seusianya.

4. Kecerdasan dalam berbahasa atau linguistik
Anak yang memiliki kecerdasan ini dapat menceritakan suatu cerita atau dongeng yang pernah ia baca dengan baik dan sesuai urutan. Cara yang bisa Moms lakukan untuk melatih kecerdasan ini kepada anak adalah dengan sering mengajaknya berbicara dan jika setelah membacakan suatu cerita diberi pertanyaan seputar cerita yang ia dengarkan tersebut.

5. Kecerdasan dalam bersosialisasi atau interpersonal

Jika anak memiliki kecerdasan ini, ia tidak akan mempunyai masalah untuk beradaptasi dan menjalin pertemanan dengan teman sebaya jika berada di lingkungan baru. Kecerdasan interpersonal dapat Moms latih kepada anak dengan memberinya kesempatan bermain dan berkomunikasi dengan teman-temannya atau anak seusianya.

6. Kecerdasan dalam bidang visual atau ruang
Anak yang cenderung mampu mengenali dan memahami posisi, letak serta bentuk suatu ruang ia temasuk dalam golongan anak yang memiliki kecerdasan visual. Misalnya anak diminta tolong mengambilkan kunci di laci nomor 2, atau diminta tolong menaruh kembali buku pelajarannya yang terjatuh ke atas meja.

7. Kecerdasan dalam gerak tubuh atau kinestetik
Kecerdasan kinestetik bisa terlihat jika anak mampu mengikuti suatu gerakan dengan baik, misalnya gerakan tari, gerakan menendang bola, atau gerakan senam dan lain-lain. Kecerdasan anak ini bisa diasah kemampuannya dengan secara rutin melakukan gerakan tari, olahraga, senam dan sebagainya.

Sumber

Dibaca 349 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>