5 Masalah Perut yang Sering Terjadi Pada Anak

March 5, 2013 News  No comments

ibuhandal-5 Masalah Perut  yang Sering Terjadi Pada Anak

Anak ibu mengeluh sakit pada bagian perut? Ketika anak mengeluh sakit perut ada beberapa hal yang perlu diwaspadai seperti 5 masalah perut yang sering terjadi pada anak berikut ini:

Sembelit

Gangguan pencernaan seperti sembelit yang menyebabkan sulit BAB, sembelit biasanya terjadi karena tinja yang menumpuk di usus besar dan membuat rasa tidak nyaman. Bayi dibawah usia 6 bulan  yang belum memiliki tinja padat, ibu dapat lebih sering memberi ASI untuk mengatasinya.

Sedangkan bayi berusia lebih dari 6 bulan, ibu dapat membri lebih banyak sayur, jus buah pir, apel, dan anggur lebih banyak air.

Alergi makanan

Jika sakit perut terjadi pada anak setelah dua jam mengkonsumsi makanan tertentu, bisa jadi sakit perut  terjadi karena Sang Buah Hati memiliki alergi makanan yaitu ketidakmampuan tubuh anak mencerna makanan tertentu.

Irritable Bowel SYNDROME (IBIS)

Jika anak mengalami sakit perut, kembung, dan berubahnya tampilan feses diiringi serangan diare dan sembelit secara bergantian, kemungkinan disebabkan oleh IBS. Apalagi jika terjadi pada anak dibawah 5 tahun karena belum bisa mengungkapkan ketidaknyamanan pada perutnya.

Stres

Rasa cemas dan stres dapat menyebabkan perut terasa sakit, saluran pencernaan berisi sebagian besar serotonin tubuh, yaitu sebuah neurotransmitter yang sangat terkait dengan suasana hati lalu mengirim sinyal ke otak. Anak juga rentan stres apalagi jika harus mengalami perubahan seperti harus menyesuaikan diri saat harus mulai masuk sekolah.

Dibaca 453 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>