5 Imunisasi Wajib untuk Bayi Bunda

June 25, 2014 News  No comments

5 Imunisasi Wajib untuk Bayi Bunda

Setelah dilahirkan, selain diberikan ASI sebagai antibodi alami bayi memerlukan imunisasi agar tidak rentan terhadap penyakit berbahaya. Beberapa waktu lalu saya sempat memposting tentang tahapan imunisasi. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia ada 5 jenis imunisasi yang wajib diberikan kepada bayi di seluruh Indonesia.

Apa saja manfaat 5 imunisasi wajib ini?

BCG

imunisasi BCG atau Bacille Calmette Guerin memiliki manfaat untuk mencegah tuberculosis (TB) yang menyerang paru-paru. penyakit tubercolosis ini disebabkan oleh bakteri Mycobakterium Tuberculosis.

Hepatitis B

Virus hepatitis B yang menyerang organ hati dengan cepat perlu dicegah dengan pemberian imunisasi hepatitis B yang sebaiknya langsung diberikan 12 jam setelah bayi lahir dan diberikan lagi 4 minggu kemudian dan juga saat bayi berusia 3 sampai 6 baulan.

Polio

imunisasi polio biasanya diberikan setelah lahir dan saat berumur 2,4 dan 6 bulan. imunisasi polio bermanfaat mencegah bayi dari kelumpuhan saat ia tumbuh dewasa.

DTP (Diphteria, Tetanus, Pertussis)

Imunisasi DTP mencegah bayi terkena penyakit difteri, tetanus, dan pertussis (batuk berkepanjangan). DTP diberikan setelah bayi berumur 6 minggu lebih, 4 bulan dan 6 bulan.

Campak

virus Campak atau yang sekarang dikenal dengan Rubella ini bisa diantisipasi ketika bayi berumur 9 bulan. jika Campak menyerang umumnya disertai ruam pada kulit sekujur tubuh.

Jangan sampai lupa ya bun memberikan 5 imunisasi wajib ini kepada buah hati tercinta agar tumbuh kembangnya baik dan sehat selalu.

Dibaca 631 kali

Yuk Bun Di-shareShare on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on TumblrPin on PinterestShare on LinkedInShare on RedditShare on StumbleUponPrint this page

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>